Evaluasi Kondisi Parkir Di Kampus B Universitas Airlangga Surabaya

Pramudita, Arinda (2018) Evaluasi Kondisi Parkir Di Kampus B Universitas Airlangga Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000084-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000084-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Aktivitas yang terjadi di suatu pusat kegiatan pasti akan menimbulkan kegiatan parkir kendaraan. Fasilitas parkir menjadi faktor pendukung yang sangat penting dan perlu perhatian khusus pada suatu pusat kegiatan. Masalah peparkiran merupakan hal yang sering dijumpai pada berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah/perguruan tinggi dan banyak tempat lainnya. Salah satu contoh nyata yang terjadi di Surabaya, yaitu pada Kampus B Universitas Airlangga setiap hari saat hari aktif perkuliahan hampir dapat dipastikan selalu terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan kegiatan lalu lintas disekitar Kampus B Universitas Airlangga menjadi padat. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi kondisi parkir pada Kampus B Universitas Airlangga Surabaya.
Dalam mengevaluasi kondisi parkir, perlu dilakukan studi literatur mengenai parkir, survey pendahuluan untuk mengetahui kondisi eksisting parkir kendaraan yang terjadi di lokasi studi, pengumpulan data primer dan data sekunder, yang kemudian dilanjutkan melakukan perhitungan berdasarkan data yang didapat untuk mendapatkan karakteristik parkir.
===============================================================================================
Hasil evaluasi diperoleh karakteristik parkir di lokasi studi meliputi: Volume parkir untuk sepeda motor sebesar 5645 kendaraan dan untuk mobil 2018 kendaraan. Durasi maksimum sebesar 720 menit untuk sepeda motor dan mobil penumpang, durasi rata-rata untuk sepeda motor sebesar 253.789 menit dan 233.753 menit untuk mobil penumpang. Akumulasi parkir sepeda motor sebesar 1830 kendaraan dan 733 kendaraan untuk mobil penumpang. Indeks parkir sepeda motor sebesar 49% dan 128% untuk mobil. Turnover parking untuk sepeda motor sebesar 1,524 kali dan 4,166 kali untuk mobil. Kapasitas statis yang ada sebesar 572 SRP untuk sepeda motor dan 572 SRP untuk mobil. Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) yang harus disediakan untuk sepeda motor sebesar 2013 SRP dan untuk mobil sebesar 806 SRP. Berdasarkan hasil analisa perhitungan dapat disimpulkan bahwa kapasitas lahan parkir yang ada saat ini untuk sepeda motor sudah mencukupi tetapi untuk mobil penumpang kekurangan lahan parkir sebanyak 234 SRP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Karakteristik parkir, Evaluasi Parkir, Kebutuhan Ruang Parkir (KRP)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Arinda Pramudita
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:28
Last Modified: 15 Jul 2021 09:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55082

Actions (login required)

View Item View Item