Pendekatan Metode Metaheuristik Untuk Menyelesaikan Penjadwalan Pasien Ruang Operasi Bedah Rumah Sakit

Mahariani, Yeni Roha (2018) Pendekatan Metode Metaheuristik Untuk Menyelesaikan Penjadwalan Pasien Ruang Operasi Bedah Rumah Sakit. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411650024042-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411650024042-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem penjadwalan pasien ruang operasi bedah di rumah sakit merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang memiliki permasalahan yang kompleks. Efisiensi dalam menjadwalkan pasien ruang operasi bedah dibutuhkan untuk mengurangi waktu tunggu pasien dan mencegah penundaan jadwal operasi bedah, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan ruang operasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah penjadwalan pasien ruang operasi bedah dengan menggunakan pendekatan metode metaheuristik.
Model penjadwalan pasien operasi bedah yang digunakan mempunyai tujuan untuk meminimalkan makespan dari pasien yang terjadwal dengan mempertimbangkan prioritas klinis dan bobot jenis operasi. Model ini memberikan gambaran kondisi dari sistem yang nyata. Hal ini ditunjukkan dengan batasan bahwa tidak ada dokter spesialis bedah yang sedang mengoperasi pasien dalam waktu yang sama. Dalam kasus penelitian ini menggunakan data dari Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.
Penerapan metode metaheuristik, yaitu Firefly Algorithm (FA) yang diusulkan berhasil digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan pasien ruang operasi bedah di rumah sakit. Firefly dapat memetakan pekerjaan yang diterima ke resource yang ada. Algoritma firefly yang diusulkan dapat mendukung proses penjadwalan dengan rangkaian komputasi secara efisien. Hasil algoritma yang diterapkan menghasilkan jadwal pasien ruang operasi bedah yang baru yang mempunyai waktu makespan minimum dengan berbagai asumsi dan batasan.==========================================================================================================The scheduling system for surgery room patients in a hospital is one of the health services that has complex problems. Efficiency in scheduling operating room patients is needed to reduce patient waiting times and prevent delayed surgery schedules. The purpose of this research is to solve the problem of scheduling surgery room patient in a certain period with metaheuristic method approach.
The model of surgical patient scheduling was used have a purpose to minimizing makespan of the scheduled patient taking into account the clinical priority and weight of the surgical type. This model provides an overview of the conditions of the existing system. This is indicated by the limitation that no surgeon is currently operating the patient at the same time. In the case of this study, real-life data from Muhammadiyah Lamongan Hospital were used.
The proposed Firefly Algorithm was successfully used to solve the problem of scheduling surgery patients in hospital. Firefly can map assignments received to existing resources. The proposed firefly algorithm can support scheduling processes with computational sequence efficiently. The results of the algorithm applied are new surgery patient schedule that has a minimum makespan with assumptions and boundary conditions.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penjadwalan pasien ruang operasi, metaheuristik, algoritma firefly
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Roha Mahariani
Date Deposited: 25 Jun 2021 00:02
Last Modified: 25 Jun 2021 00:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55201

Actions (login required)

View Item View Item