Analisa Getaran Kapal Pada Mesin Induk Akibat Repowering Menggunakan Metode Elemen Hingga

Nur, Afifah (2018) Analisa Getaran Kapal Pada Mesin Induk Akibat Repowering Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4111100058_Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
4111100058_Undergraduate_theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umunya kapal yang terdapat di Indonesia memiliki umur yang relatif lama oleh sebab itu banyak kapal yang mengalami kendala dalam pengurangan kecepatan. Jenis kapal yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah jenis kapal pengangkut semen (cement carrier). Untuk mengantisipasi pengurangan kecepatan pada kapal ini maka dilakukan repowering. Repowering adalah penggantian mesin induk kapal dengan putaran mesin yang lebih besar. Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis menggunakan metode elemen hingga untuk mengetahui nilai frekuensi alami kapal yang akan dibandingkan dengan nilai frekuensi eksitasi mesin induk yang baru dan baling-baling kapal dan akan diamati letak resonansi terjadi. Nilai frekuensi alami didapatkan dari proses analisis menggunakan FEA software. Dari data yang didapatkan, frekuensi mesin induk yang baru sebesar 1000 rpm dimana memiliki perbedaan dengan mesin induk yang lama yaitu sebesar 750 rpm. Besar nilai frekuensi eksitasi mesin induk baru yaitu 16,67 Hz, yang mana memiliki kesamaan dengan nilai frekuensi alami dari badan kapal. Kemiripan nilai eksitasi terjadi pada mode ke-20. Besar nilai frekuensi eksitasi baling-baling yaitu 22,42 Hz, yang mana memiliki tidak kesamaan dengan nilai frekuensi alami. Hasil dari pemeriksaan resonansi mesin baru memiliki keunggulan dalam frekuensi eksitasi baling-baling sedangkan mesin lama memiliki keunggulan dalam frekuensi eksitasi mesin.
===================================================================================================================================
In general, ships contained in Indonesia have a relatively long life therefore many ships are experiencing problems in reducing speed. The type of ship used in this final project is the type of cement carrier. To anticipate the speed reductions on this ship then performed repowering. Repowering is the replacement of the main engine with a larger engine spin. In this final project will be analyzed using finite element method to know the value of natural frequency of the ship which will be compared with the excitation frequency value of the new main engine and the ship propeller and will be observed the location of resonance occurs. Natural frequency values obtained from the analysis process using FEA software. From the data obtained, the new engine's frequency of 1000 rpm which has a difference with the old main engine that is equal to 750 rpm. The value of the excitation frequency of the new main engine is 16.67 Hz, which corresponds to the natural frequency value of the ship's hull. The similarity of excitation values occurs in the 20th mode. The value of the excitation frequency of the propeller is 22.42 Hz, which has no similarity with the natural frequency value. The results of the new engine resonance checks have an advantage in the excitation frequency of the propeller while the old machine has an advantage in the excitation frequency of the engine.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: repowering, elemen hingga, frekuensi natural, mesin induk
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: nur afifah
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:25
Last Modified: 22 Jul 2024 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55321

Actions (login required)

View Item View Item