Putra, Mohamad Pandu Riezky (2018) Modifikasi Jembatan Duplikasi Musi 2 Dengan Menggunakan Cable-Stayed Modified-Fan Pattern Two Inclined Planes System Dengan Twin Rectangular Steel Box Girder. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3116105012-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (23MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Musi 2 merupakan jembatan yang terletak di Kota Palembang yang melintasi Sungai Musi terdiri atas dua buah jembatan yaitu Jembatan Musi 2 Lama (Dibangun Tahun 1994) dan Jembatan Duplikasi Musi 2 (Dibangun Tahun 2013) dengan pilar dari kedua jembatan tersebut sebagian dibangun pada badan sungai. Saat ini Sungai Musi sudah digunakan sebagai jalur transportasi dari angkutan batubara, dan hal itu menimbulkan permasalahan karena Jembatan Musi 2 lama tidak didesain untuk dapat menerima benturan dari tongkang pengangkut batubara yang mampu menghantam pilar jembatan dengan gaya setara 15.000 ton. Dengan adanya potensi tumbukan tersebut maka hal itu dapat mengurangi umur rencana jembatan dan dapat membuat Jembatan Musi 2 lama suatu saat tidak dapat beroperasi lagi sehingga akan membuat lalu lintas menjadi terkonsentrasi pada Jembatan Duplikasi Musi 2 dan menimbulkan kemacetan yang dapat mengganggu arus distribusi barang dan jasa yang berarti akan menghambat pertumbuhan ekonomi dari daerah-daerah yang dihubungkan oleh Jembatan Musi 2 tersebut.
Untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut di atas maka direncanakan suatu alternatif desain modifikasi terhadap Jembatan Duplikasi Musi 2 dengan menggunakan jenis jembatan bentang panjang yang menyatukan jembatan Musi 2 lama dengan Jembatan Duplikat Musi 2 menjadi satu kesatuan. Jembatan bentang panjang yang akan dibangun direncanakan menggunakan tipe Cable-Stayed atau Ruji Kabel Tipe Modified-Fan Pattern Two Inclined Planes System dengan Twin Rectangular Steel Box Girder dengan lebar 22 m yang terdiri atas 3 bentang dengan 2 pilon berbentuk Diamond Inverted Y yang dibangun di daratan. Jembatan direncanakan membentang sepanjang 700 m dengan bentang tepi sepanjang 165 m dan bentang tengah/utama sepanjang 370 m.yang memiliki beberapa keuntungan di antaranya adalah kebutuhan penggunaan pilar pada badan sungai dapat dihindari sehingga dapat menambah effective linear waterway dari sungai yang memungkinkan kapal pengangkut barang untuk melintas pada Sungai Musi dengan leluasa serta mengurangi resiko tertabraknya pilar jembatan oleh kapal pengangkut barang. Selain itu jembatan cable-stayed memiliki tampilan visual yang lebih menarik dan terkesan megah sehingga dapat menjadi suatu bangunan monumental dari Kota Palembang yang dapat menarik wisatawan.
Adapun tahapan perencanaan dari jembatan cable-stayed ini adalah diawali dari pengumpulan data-data sekunder serta literatur-literatur yang dibutuhkan, identifikasi permasalahan serta penentuan solusi permasalahan, pradimensi komponen jembatan, perencanaan struktur sekunder, pemodelan struktur jembatan pada program bantu Midas Civil, analisa pembebanan struktur, kontrol dimensi penampang struktur, kontrol terhadap stabilitas aerodinamis, serta pembuatan gambar kerja.
=========================================================
Musi 2 Bridge is a bridge located in Palembang City crossing The Musi River which consists of two bridges, The Old Musi 2 Bridge (Built in 1994) and Musi 2 Duplicated Bridge (Built in 2013). Some of the pillars of those two bridges were built inside the river’s body. Currently, Musi River is being used as transportation route of coal products which causes some problems because The Old Musi 2 Bridge was not designed to withstand the impact caused by the coal barge that is equivalent with 15.000 Ton of Force. The risk of the impact can cause some reduction in the lifespan of The Old Musi 2 Bridge and someday it can lead to the bridge failure which will cause the traffic to be concentrated on Musi 2 Duplication Bridge and will furthermore cause traffic jam that disturbs the distribution of goods and services and inhibits the economic development of areas that are connected by Musi 2 Bridge.
In order to avoid such conditions, then it is planned an alternative to modify Musi 2 Duplication Bridge into a long span bridge which combines the two bridges into one single bridge using cable-stayed modified-fan pattern two inclined planes system with twin rectangular steel box girder with 22 m of bridge width which consists of three spans with 2 Diamond Inverted Y shaped pylons that is built on land. The Bridge will have a total span of 700 m with side span length of 165 m and main span length of 370 m which has some benefits such as pillars built inside the river’s body can be avoided which will increase the effective linear waterway of the river and make it possible for barges to pass the river with ease and reducing the risk of impact from the barges towards the pylon. Other than that cable-stayed bridges in most cases has a majestic and appealing visual appearance which could become a new landmark of Palembang City that can attract many visitors.
The design steps of this cable-stayed bridge is started by collecting several secondary data and literatures related to cable-stayed bridge design, problems identification and determining the solution of the problems, pre-dimensioning bridge component, designing secondary structures, modelling of the bridge structure in Midas Civil software, bridge loading analysis, checking the dimension of structure cross-section, aerodynamic stability control, and creating the structural drawing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cable-Stayed, Jembatan Ruji Kabel, Modified-Fan Pattern, Twin Rectangular Steel Box Girder, Two Inclined Planes. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mohamad Pandu Riezky Putra |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:16 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/55489 |
Actions (login required)
View Item |