Strategi Pengembangan Wisata Taman Kota Berdasarkan Siklus Hidup Pariwisata Di Sungai Kalimas Surabaya

Pranata, Galih Alco (2018) Strategi Pengembangan Wisata Taman Kota Berdasarkan Siklus Hidup Pariwisata Di Sungai Kalimas Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000031_Under Graduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08211440000031_Under Graduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Taman wisata di bantaran sungai kalimas merupakan taman yang dibangun untuk merevitalisasi kawasan sungai kalimas yang pernah mengalami degradasi lingkungan. Namun meski telah dilakukan pembangunan, kondisi infrastruktur pada taman wisata ditemukan tidak terawat dan rusak. Dalam teori siklus hidup pariwisata disebutkan bahwa destinasi dengan sarana dan prasarana yang dibiarkan rusak atau tidak terawat dan tidak segera diremajakan berpotensi ditinggal wisatawan sehingga taman kehilangan fungsi dan terjadi degradasi. Agar tidak terjadi degradasi kembali pada kawasan sungai kalimas, perlu dilakukannya antisipasi dengan mengidentifikasi tahapan siklus hidup pariwisata di setiap taman wisata kalimas serta dirumuskan strategi pengembangan agar performa tetap optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan wisata taman kota berdasarkan siklus hidup pariwisata di sepanjang sungai kalimas agar memiliki performa pariwisata yang optimal sehingga tidak terjadi degradasi kembali.
Pencapaian tujuan penelitian dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama melakukan identifikasi karakteristik berdasarkan variabel dalam siklus hidup pariwisata melalui analisa deskriptif kualitatif. Tahap kedua menentukan tipologi siklus hidup pariwisata melalui analisis deskriptif kualitatif yang membandingkan setiap variabel karakteristik taman wisata dengan kriteria tahapan variabel dalam siklus hidup. Dan tahap ketiga merumuskan strategi pengembangan berdasarkan tahapan siklus hidup pariwisata tiap taman melalui analisis deskriptif kualitatif yang membandingkan karakteristik potensi dan masalah dengan kebijakan revitaliasasi sungai kalimas agar performa taman tetap optimal dan selaras dengan program revitalisasi.
Hasil penelitian dari penelitian ini adalah setiap taman wisata memiliki karakteristik yang menunjukkan pada tahap development (Tw. Prestasi, Tw. Ekspresi, Tw. Jayengrono) dan consolidation (Tw. Keputran, Tw. BMX & Skate). Strategi pengembangan taman wisata pada tahap development cenderung pada pengadaan atraksi event rutin untuk terus menarik kunjungan wisatawan. Sedankgan strategi pengembangan taman wisata pada tahap consolidation yakni peremajaan berupa pembangungan atraksi baru serta penguatan tema agar wisatawan kembali tertarik untuk berkunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Taman Wisata, Analisis Deskriptif Kualitatif, Bantaran Sungai Kalimas, Siklus Hidup Pariwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Galih Alco Pranata
Date Deposited: 18 Jun 2021 09:23
Last Modified: 18 Jun 2021 09:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55522

Actions (login required)

View Item View Item