Analisis Kesesuaian Lahan Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter BPJS di Surabaya Menggunakan Analisis Spasial dan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Sobaha, Indi (2018) Analisis Kesesuaian Lahan Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter BPJS di Surabaya Menggunakan Analisis Spasial dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000036-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411440000036-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada 1 Januari 2019, pemerintah mewajibkan seluruh Warga Negara Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah asuransi yang dibuat oleh pemerintah untuk menjadi asuransi kesehatan masyarakat secara umum. Peserta BPJS Kesehatan Surabaya sudah mencapai 78% dari jumlah penduduk di Surabaya. Persentase tersebut termasuk tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Jika peserta BPJS Kesehatan akan berobat menggunakan BPJS Kesehatan, peserta harus berobat pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama selanjutnya akan disebut dengan FKTP. FKTP terdiri dari puskesmas, klinik pratama dan dokter BPJS. Masalah yang ada pada FKTP saat ini adalah waktu tunggu yang lama di setiap FKTP tersebut. Waktu tunggu yang lama disebabkan karena jumlah peserta di dalam FKTP tersebut yang terlalu banyak. Dan jika dilihat dari persebarannya lokasi FKTP di Surabaya, persebarannya saat ini belum merata. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya peraturan geografis yang jelas untuk mendirikan puskesmas, klinik pratama dan dokter BPJS. Oleh karena itu dibutuhkan kriteria dan subkriteria untuk mendirikan puskesmas, klinik pratama dan dokter BPJS. Kriteria dan subkriteria tersebut akan diberi bobot dan diolah menggunakan analisis spasial. Pada penelitian ini, pembobotan dilakukan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil akhir dari penelitian ini, akan didapatkan usulan alternatif lokasi lahan baru untuk Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter BPJS di Surabaya.
======================================================================================================
On January 1, 2019, the government required all Indonesian citizens to become BPJS Health participants. BPJS Health is an insurance made by the government to become public health insurance in general. Participants BPJS Health Surabaya has reached 78% of the population in Surabaya. Such percentages are high in comparison with other regions. If BPJS Health participants will go for treatment using BPJS Health, participants should go to the First Level Health Facility. The First Level Health Facility will then be referred to FKTP. FKTP consists of puskesmas, clinic pratama and doctor affiliated with BPJS. The current problem of FKTP is the long waiting time in each FKTP. Long waiting time is due to the number of participants in the FKTP are too many to handle. And if we seen from the distribution of FKTP location in Surabaya, the current distribution is not evenly distributed. This is due to the absence of clear geographical regulations to establish puskesmas, pratama clinics and doctors BPJS. Therefore, criteria and subcriteria are needed to establish puskesmas, clinic pratama and doctors affiliated with BPJS. The criteria and subcriteria will be weighted and processed using spatial analysis. In this cased, weighting is done using Analytical Hieararchy Process (AHP). The result of this research is to get the alternative location for Puskesmas, Pratama Clinic and Doctors affiliated with BPJS in Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 006.693 Sob a-1 3100018078650
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter BPJS, Analisa Spasial, Analytical Hierarchy Process
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Indi Sobaha
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:23
Last Modified: 02 Dec 2020 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55558

Actions (login required)

View Item View Item