Azhara, Ian (2018) Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Ballroom Dan Restaurant Dafam Kayoon Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
10111715000004-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (19MB) | Preview |
Abstract
Rencana pembangunan Ballroom dan Restaurant Dafam Kayon Surabaya, akan menimbulkan bangkitan yang berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan dan simpang di sekitar kawasan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) pada pembangunan Ballroom dan Restaurant Dafam Kayoon Surabaya, agar dapat meminimalisir penurunan kinerja jaringan jalan dan simpang, serta dapat memberikan solusi pemecahan masalah lalu lintas yang terjadi akibat pembangunan bangunan tersebut.
Metode yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan peraturan terkait lainnya. Tahapan andalalin ini diawali dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Tahap selanjutnya memperkirakan bangkitan dan tarikan perjalanan dan menetapkan klasifikasi andalalin. Setelah itu, menganalisa kinerja lalu lintas pada kondisi eksisting dan menganalisa peramalan lalu lintas tanpa dan dengan pembangunan kawasan, menganalisa kebutuhan dan ketersediaan ruang parkir, serta menyusun rekomendasi penanganan dampak lalu lintas akibat pembangunan bangunan tersebut.
Dari hasil analisa pada tahun eksisting 2018 yang memiliki tingkat pelayanan terburuk yaitu simpang bersinyal Jl. Kayoon – Jl. Karimun Jawa – Jl. Sono Kembang memiliki nilai tundaan paling tinggi 75.00 detik dengan LOS F. Alternatif perbaikan yang diberikan adalah merubah waktu hijau pada setiap fase pergerakan dan merubah geometrik pendekat timur Jl. Karimun Jawa, dan juga merubah pergerakan dari Jl. Kayoon bagian Utara yang semula belok kiri (LT) menjadi belok kiri langsung (LTOR) menuju Jl. Karimun Jawa. Dengan hasil perbaikan pada simpang bersinyal Jl. Kayoon – Jl. Karimun Jawa – Jl. Sono Kembang pada tahun 2018 terjadi peningkatan kinerja dengan tundaan paling tinggi sebesar 44 detik dengan LOS E.
=========================================================================== Build Ballroom and Restaurant Dafam Kayoon Surabaya, will decrease of road and intersection performance around the area. Traffic Impact Analysis is needed to build Ballroom and Restaurant Dafam Kayoon Surabaya, to minimize the impact for traffic problem.
The method used in this study is based on the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI 1997) and other related regulations. This traffic impact analysis stage begins with collect the primary data and secondary data. The next stage estimates the rise and pull of the journey and sets the traffic impact analysis classification. After that, analyze the traffic performance on the existing condition and analyze the traffic forecasting without and with the development of the area, analyze the needs and availability of parking spaces, and prepare recommendations for handling the impact of traffic due to the construction.
From the analysis results in the existing year 2018 the worst level of service is a signal intersection Jl. Kayoon - Jl. Karimun Jawa - Jl. Sono Kembang has the highest delay value of 75.00 seconds with LOS F. Alternative improvements are given change the green time in each phase of movement and change geometric approaches east Jl. Karimun Jawa, and also change the movement of Jl. North Kayoon which originally turn left (LT) to turn left directly (LTOR) to Jl. Karimun Jawa. With the result of improvements at the signal intersection Jl. Kayoon - Jl. Karimun Jawa - Jl. Sono Kembang in 2018 has a performance increase with the highest delay of 44 seconds with LOS E.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis dampak lalu lintas, Ballroom dan Restaurant Dafam, MKJI 1997, tundaan, LOS |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | Ian Azhara |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 11:56 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 11:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/55565 |
Actions (login required)
View Item |