Analisa Scouring Pada Bagian Bawah Jembatan, Pada Rencana Sudetan Kali Tanggul, Jember, Jawa Timur

Al Qorni, Muhammad Rizqi Uwais (2018) Analisa Scouring Pada Bagian Bawah Jembatan, Pada Rencana Sudetan Kali Tanggul, Jember, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116105017-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3116105017-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kawasan Kali Tanggul anak sungai Sungai Bondoyudo,
merupakan kawasan rawan banjir pada setiap musim penghujan,
debit air yang melewati Kali Tanggul sangat besar dan dimensi kali
tanggul yang kecil dan ditambah dengan penumpukan sedimen
pada saluran Kali Tanggul menyebabkan genangan yang besar di
kawasan desa Kepanjen, Kabupaten Jember. Banjir yang terjadi
sampai merusak tanggul pembatas kali tanggul dan jalan desa.
Rekayasa aliran sungai dilakukan pemerintah sebagai antisipasi
penanggulangan banjir di daerah tersebut. Pemerintah daerah
Kabupaten Jember merencanakan bangunan, sehingga diharapkan
debit yang sangat besar pada saat musim hujan dapat terbagi
melalui sudetan tersebut, sehingga dapat mengurangi jumlah debit
yang harus melewati kali tanggul. Rencana pembangunan sudetan
ini direncanakan melewati bagian bawah Jembatan JLS (Jalur
Lintas Selatan), dan tidak pada sampai muara sungai/laut.
Adanya aliran air sudetan yang direncanakan akan melewati
bagian bawah jembatan JLS (Jalur Lintas Selatan) ini dapat
menyebabkan perubahan pada morfologi dasar berupa agradasi atau
degradasi sedimen. Jika terjadi agradasi, dasar sungai akan
mengalami pendangkalan dan tinggi bebas antara muka air sungai
dengan bagian bawah jembatan juga berkurang. Jika terjadi
degradasi, maka erosi dasar sungai akan mengakibatkan sungai
semakin dalam,, erosi tebing yang mengakibatkan sungai semakin
lebar, sehingga menyebabkan terjadinya deposisi meander sungai.

ii

Selain itu perubahan yang terjadi akibat adanya aliran di bawah
jembatan dapat mengganggu keseimbangan material dasar sungai
terganggu dan kestabilan struktur dari jembatan tersebut. Adanya
struktur bagian bawah jembatan dapat menyebabkan pengendapan
sedimen yang terus menerus sehingga dapat menyebabkan
terjadinya banjir karena kapasitas sungai yang berkurang,
sedangkan sedimen yang terus-menerus terkikis akibat
bertambahnya kecepatan aliran akan membuat struktur jembatan
yang berada di atasnya menjadi tidak stabil.
Pada tugas akhir ini dilakukan permodelan dengan program
bantu Hec-Ras sebanyak tiga permodelan. Kemudian untuk analisa
scouring dilakukan pula dengan program bantu Hec-Ras 4.1.0.
setelah dilakukan analisa dengan Hec-Ras, didapatkan scouring
maksimal yang terjadi pada bagian bawah jembatan akibat debit dan
pasang surut air laut sebesar 5.40 m. Perlindungan scouring yang
terjadi di pier maupun di abutmen adalah dengan pemasangan
proteksi riprap. Dimensi batu belah yang digunakan dicari
berdasarkan persamaan Isbash. Didapatkan dimensi batu belah
yang digunakan adalah 20 cm. Dan layout untuk proteksi riprap
pada pier jembatan sepanjang 4.40 m ke semua arah. Perlindungan
untuk abutmen jembatan diletakkan melingkar pada bagian
abutmen.
====================================================================================================
Kali Tanggul, an area prone to flooding in every rainy
season, the water debit passing through Kali debit is very large and
the dimension of small embankment times and coupled with the
accumulation of sediments on the Kaliul River channel causes a
large pool in the area of Kepanjen village, Jember regency. Floods
that occur to damage the dike boundary times dikes and village
roads. River flow engineering is carried out by the government in
anticipation of flood mitigation in the area. The local government
of Jember Regency is planning the building, so it is expected that
very large discharge during the rainy season can be divided
through the sieve, thus reducing the amount of discharge that must
pass through the embankment. The plan for the construction of the
spacecraft is planned to pass through the bottom of the JLS Bridge
(South Cross Pass), and not to the mouth of the river / sea.
The existence of the planned water flow of the sled will pass
through the bottom of the JLS bridge (South Cross Lane) this can
cause changes in the basic morphology of agradasi or sediment
degradation. In the event of agradation, the river bed will undergo
siltation and the free height between the river water level and the
bottom of the bridge is also reduced. If there is degradation, then
the erosion of the river bottom will result in deeper river, erosion
of the cliff that causes the river to become wider, causing the
deposition of river meander. In addition, changes that occur due to the flow under the bridge can disrupt the balance of disturbed river
bed material and structural stability of the bridge. The existence of
the undercarriage structure of the bridge can lead to sediment
deposition continuously so as to cause flooding due to reduced
river capacity, while the sediment is constantly eroded due to
increasing flow velocity will make the structure of the bridge on it
becomes unstable.
In this final project done modeling with Hec-Ras auxiliary
program three times. Then for scouring analysis is also done with
auxiliary program Hec-Ras 4.1.0. after analyzing with Hec-Ras,
got maximum scouring that happened at the bottom of the bridge
due to discharge and tidal water of 5.27 m. Scouring protection
occurring in pier and abutment is with the installation of riprap
protection. The dimensions of the stones used are sought based on
the Isbash equation. Obtained dimension of stone used is 20 cm.
And the layout for riprap protection along the 4.40 m in all
directions. Protection for abutment of the bridge is placed in a
circle on the abutment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sudetam, scouring, jembatan, kali tanggul, jember, waterway diversion, scouring, bridge, tanggul river.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC167 Dams, reservoirs
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Muhammad Rizqi Uwais Al Qorni
Date Deposited: 06 Mar 2021 00:37
Last Modified: 06 Mar 2021 00:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55610

Actions (login required)

View Item View Item