Shafirra, Dian (2018) Peramalan Nilai Penjualan Untuk Menentukan Persentase Komisi Penjualan Produk Di " Universal Trading Indonesia" Menggunakan Metode Arima Box-Jenkins. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
10611500000047-Non_Degree.PDF - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Universal Trading Indonesia (UTI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ekspor impor khususnya makanan untuk barang komoditi. UTI sejak tahun 2010 hingga 2015 mengalami naik turunnya nilai total penjualan dan komisi. Salah satu penyebabnya adalah harga dari komoditas yang selalu mengalami fluktuasi sehingga berkaitan dengan nilai penjualan ekspor dan impor UTI, sehingga perlu diadakannya peramalan nilai total penjualan dan nilai total komisi penjualan untuk menentukan persentase komisi penjualan produk UTI. Hasil analisis diperoleh bahwa model terbaik untuk meramalkan nilai total komisi adalah ARIMA ([1,5],1,0) dengan nilai total komisi paling tinggi di perkirakan bulan Mei 2018 dan paling rendah diperkirakan bulan April 2018. Hasil analisis diperoleh bahwa model terbaik untuk meramalkan nilai total penjualan adalah ARIMA ([1,2,3],1,0) dengan nilai total penjualan paling tinggi di perkirakan bulan April 2018 dan paling rendah diperkirakan bulan Januari 2018. Sehinga persentase komisi paling tinggi di perkirakan pada bulan Mei sedangkan paling terendah diperkirakan pada bulan April.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSSB 519.535 Sha p |
Uncontrolled Keywords: | Arima Box-Jenkins, Expor-Impor, Nilai Total Penjualan dan Persentase Komisi Penjualan, Peramalan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models. Q Science > QA Mathematics > QA280 Box-Jenkins forecasting |
Divisions: | Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics |
Depositing User: | Dian Shafirra |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:12 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/55627 |
Actions (login required)
View Item |