Disain Tipe Terminal Bandara yang Disesuaikan Dengan Variasi Jumlah Penumpang Tahunan

Kurniawati, Diana Dwi (2018) Disain Tipe Terminal Bandara yang Disesuaikan Dengan Variasi Jumlah Penumpang Tahunan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116105018-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3116105018-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya transportasi udara menyebabkan
bandara semakin memiliki peranan penting. Sehingga, diperlukan
suatu sistem terminal bandara yang dapat mengakomodasi
kegiatan seluruh pengguna bangunan bandara. Perencanaan
bangunan terminal bandara harus dirancang dengan memberi
penekanan pada fungsi terminal dengan demikian, diperlukan
suatu bandara yang modern. Bandara modern perancangannya
menekankan pada fungsi terminal dan kelancaran kegiatan
penggunanya.
Analisis desain terminal penumpang dilakukan dengan
cara mengidentifikasi jenis-jenis desain layout terminal bandara
dan data jumlah penumpang. Data jumlah penumpang peak-hour
kemudian digunakan untuk menentukan kebutuhan luas bandara
sebagai acuan desain dengan standar LOS C untuk terminal
penumpang. Tipe-tipe desain terminal yang ada dianalisis untuk
mengetahui kesesuaian tipe desain terminal terhadap jumlah
penumpang yang akan berpengaruh pada jarak berjalan
penumpang.
Perhitungan dan analisis yang dilakukan pada Tugas
Akhir ini menggunakan kerangka kerja LOS IATA (International
Air Transport Asssociation) dan ketentuan jarak berjalan menurut
John J.Fruin. Dilakukan analisis tiap tipe desain terminal bandara
terhadap jarak berjalan penumpang setelah tiap desain
disesuaikan dengan luasan fasilitas yang dibutuhkan saat peak
hour. Kesesuaian ini dibatasi oleh jarak berjalan penumpang antara setiap titik pemrosesan serta waktu pemrosesan. Di dalam
Tugas Akhir ini, untuk terminal keberangkatan jarak berjalan
penumpang dihitung mulai dari area kerb hingga area ruang
tunggu. Sedangkan, untuk terminal kedatangan jarak berjalan
pernumpang dihitung mulai dari hall kedatangan hingga area kerb
dengan mengabaikan fasilitas seperti people mover yang dapat
memperpendek jarak berjalan penumpang.
Hasil analisis tugas akhir ini menunjukkan bahwa untuk
range jumlah penumpang kondisi peak hour kurang dari 200
pax/hour sampai dengan kurang dari 5000 pax/hour lebih sesuai
menggunakan desain layout terminal tipe Linear, sedangkan untuk
kisaran lebih dari samadengan 5000 pax/hour sampai dengan
kurang dari 10500 pax/hour lebih sesuai menggunakan desain
layout terminal tipe Pier atau Satelit, dan untuk penumpang lebih
dari 10500 pax/hour sampai dengan kurang dari 12000 pax/hour
lebih sesuai menggunakan disain layout terminal tipe Kombinasi.
==========================================================================================================
The development of air transport led to the airport's
increasingly important role. So, we need a system of airport
terminal that can cover the activities of all users of the airport
building. Planning of airport terminal buildings should be
designed with the emphasis on function as such, required a modern
airport because it emphasizes the design on the function and the
smooth running of the activities.
Analysis of the design of the passenger terminal is done by
means of identifying the types of layout design of airport terminal
and the number of passengers. The data the number of peak-hour
passengers are then used to determine the broad needs of the
airport with a standard LOS C. Types of the existing terminal
design analyzed to find out the suitability of the type design of the
terminal against a number of passengers who will effect at a
distance of walking passengers.
The calculation and analysis on this final project using
frameworks LOS IATA (International Air Transport Asssociation)
and provision of walking distance according to John J. Fruin. This
analysis of the design type of each airport terminal about
passanger travel distance after being adjustment boardneeds of
each facilities by peak hour passanger. This conformity is limited
by the short passenger between any point in the processing. In this
final task, for depature terminal passengers are counted starting
from the curb to lounge area. Whereas, for arrival terminal is calculated starting from the arrival hall to curb by ignoring the
people mover such facilities can shorten the distance walking
passengers.
This final task analysis results showed that for Linear
design is suitable for the amount of peak-hour passanger less than
200 pax/hour to less than 5000 pax/hour, for Pier/Satelit design
suitable for of peak-hour passanger from more than 5000 pax/hour
to less than 10500 pax/hour, and for Combination design is
suitable for peak-hour passange more than 10500 pax/hour to
12000 pax/hour.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.539 Kur d-1 3100018076147
Uncontrolled Keywords: Bandara, Level of Service, Tipe Desain Terminal, Jarak Berjalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Diana Dwi Kurniawati
Date Deposited: 07 May 2020 04:12
Last Modified: 14 Oct 2020 01:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55781

Actions (login required)

View Item View Item