Model Analisis Kapasitas Pasar yang Berkelanjutan Pada Lintasan Penyeberangan: Studi Kasus Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni

Pratama, Fandy (2018) Model Analisis Kapasitas Pasar yang Berkelanjutan Pada Lintasan Penyeberangan: Studi Kasus Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 044111440000018-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
044111440000018-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni merupakan lintasan penyeberangan
terpadat di Indonesia. Dimana saat ini mengalami oversupply dengan dilayani 69 unit kapal
dan mengalami peningkatan jumlah armada sebesar 10% per tahun sehingga mengakibatkan
tingkat okupansi kapal rendah. Hal tersebut dikarenakan peningkatan jumlah kapal tidak
diimbangi dengan peningkatan arus permintaan penyeberangan yang hanya sebesar 3,2%
per tahun. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan analisis kapasitas pasar agar dapat
berkelanjutan, kondisi tidakberkelanjutan terjadi pada saat kapasitas produksi kurang dari
kapasitas terpasang dan nilai profit kurang dari nol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada kondisi eksisting persentase keterpakaian sebesar 65% dengan jumlah produksi sebesar
130,4 Juta SUP dan kapasitas terpasang sebesar 202,06 Juta SUP. Kapasitas terpasang
minimal yakni dengan 24 unit kapal dan 6 pasang dermaga (batas minimal) diperoleh
keterpakaian sebesar 98,2% dengan kapasitas terpasang sebesar 132,8 Juta SUP. Profit
minimal yakni dengan 79 unit kapal dan 6 pasang dermaga (batas maksimal) menghasilkan
persentase keuntungan 0,9% dari total biaya dan menghasilkan profit sebesar Rp 22,33
Miliar. Titik optimum pada kondisi eksisting dengan 6 pasang dermaga didapatkan 36 unit
kapal utama dan 4 unit kapal cadangan menghasilkan persentase keterpakaian sebesar 59%
dari total kapasitas terpasang 222,79 Juta SUP dan menurunkan total biaya hingga 29% dari
Rp 2.461 Miliar menjadi Rp 1.748 Miliar.
===================================================================================================
Merak-Bakauheni is the busiest ferry line service in Indonesia which goes through
an oversupply with 69 units of vessels and total increase in fleet amount by 10% per year.
Those kinds of conditions causing decreased vessel occupancy level. The decrease of vessel
occupancy level is the outcome of a significant increase in the number of vessel which not
offset by an increase in the current demand crossing with average increase in demand of
only 3,2% annually. Therefore, analytical model of sustainable market capacity is
completed, the unsustainable condition happened when production capacity is less than
installed capacity and the profit value is less than zero. The result shows that usage
percentage existing condition is 65% with total production of 130,4 million SUP and
installed capacity of 201,06 million SUP. The minimum installed capacity of 24 vessels
units and 6 pair of piers (minimum boundary) with obtained usage of 98,2% and installed
capacity of 132,88 millions SUP. The minimum profit with 79 vessels units and 6 pair of
piers (maximum boundary) produce profit percentage of 0,9% from total cost and produce
total profit of Rp. 22,33 billions. The optimum point on existing condition with 6 pair of
piers obtained 36 primary vessels units and 4 reserved vessels unit produce usage percentage
of 59% from total installed capacity 222,79 SUP and decreasing total cost up to 29% of Rp.
2.461 billions to Rp. 1.748 billions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 387.52 Pra m-1 3100018078348
Uncontrolled Keywords: penyeberangan, berkelanjutan, kapasitas, profit, ferry line service, sustainable, capacity
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fandy Pratama
Date Deposited: 13 Nov 2020 11:36
Last Modified: 13 Nov 2020 11:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55814

Actions (login required)

View Item View Item