Analisis Zonasi Distribusi LNG Untuk Pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) : Studi Kasus Wilayah Maluku dan Papua

Rizaldi, Iqbal Rizky (2018) Analisis Zonasi Distribusi LNG Untuk Pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) : Studi Kasus Wilayah Maluku dan Papua. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411440000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04411440000013-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, program kelistrikan 35.000 MW bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional Indonesia. Hal ini akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah luar Pulau Jawa yang sebelumnya kekurangan suplai listrik. Sebagai bagian dari realisasi program tersebut, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun kurang lebih 54 Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Wilayah Maluku dan Papua dengan kapasitas 1.000 MW dari yang direncanakan. Untuk itu, Liquefied Natural Gas (LNG) yang berasal dari Kilang Tangguh LNG diperlukan sebagai bahan bakar yang digunakan oleh PLTG tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk zonasi distribusi untuk pengiriman LNG dari kilang asal menuju PLTG yang akan dibangun di wilayah Maluku dan Papua kemudian dibandingkan dengan pengiriman langsung dari kilang asal. Untuk mencapai hasil, metode yang dipakai adalah set-covering model yang bertujuan untuk meminimalkan jumlah hub dengan batasan semua lokasi yang ada bisa terlayani. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 6 zona dengan masing-masing hub dan tujuan akhir. Selain itu, ada 7 titik tujuan yang disuplai langsung dari kilang asal karena memiliki biaya satuan pengiriman yang lebih murah dibandingkan dengan disuplai dari hub. Kapasitas kapal yang terpilih baik untuk pengiriman melalui hub maupun langsung dari kilang adalah 2.512 m3, 2.536 m3, dan 18.928 m3. Jumlah kapal maksimal yang beroperasi dalam satu zona adalah dua kapal tergantung dari jumlah titik yang dilayani.
=======================================================================================================
In the National Medium-Term Development Plan (RPJMN) 2015-2019, the 35,000 MW electricity program aims to meet Indonesia's national electricity needs. This will have significant impact on economic growth of region outside Java, previously suffer lack electricity supply. As part of the program's objective, State Electricity Company (PLN) will build approximately 54 Gas Power Plants (PLTG) in Maluku and Papua Areas with a capacity of 1,000 MW. Therefore, Liquefied Natural Gas (LNG) from Tangguh LNG is needed for powering plants. This Research aims to establish a distribution zoning for shipping LNG from its originating refineries to all plants. The result is then compared with direct shipments from its originating refineries. To achieve this, the method of set-covering model aiming at minimizing the number of hubs by the power plants to be covered. Result of the analysis shows that there are 6 zones, with each hub and destination. In addition, there are 7 corresponding destination supplied directly from the original refinery because it has a lower unit shipping cost compared that supplied from the hub. Capacity of selected vessels for both direct and zonal shipments is 2,512 m3, 2,536 m3, and 18,928 m3. The number of ship can be utilized in one zone is two depending of the power plants to be supplied.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 658.54 Riz a-1 3100018078069
Uncontrolled Keywords: biaya satuan, distribusi, LNG, set-covering, zonasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273.6 Weibull distribution. Logistic distribution.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3030 Electric power distribution systems
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Iqbal Rizky Rizaldi
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:53
Last Modified: 23 Oct 2020 00:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55896

Actions (login required)

View Item View Item