MODEL KELAYAKAN PENENTUAN JUMLAH PENYISIPAN RANGKAIAN KERETA BARANG TAMBAHAN PADA JADWAL KERETA API TUNGGAL EKSISTING

Sari, Arrifah Ratna (2018) MODEL KELAYAKAN PENENTUAN JUMLAH PENYISIPAN RANGKAIAN KERETA BARANG TAMBAHAN PADA JADWAL KERETA API TUNGGAL EKSISTING. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 02411650030007-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411650030007-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengiriman barang dengan moda kereta api lebih banyak dilakukan pada jadwal malam hari. Sedangkan permintaan pengiriman barang terus meningkat dan masih banyak tersedia jadwal kereta pada siang hari. Penelitian ini akan membangun teknik heuristik menggunakan model matematis Mixed Integer Linear Programming (MILP). Teknik heuristik dipilih karena sesuai untuk problem yang spesifik, menghasilkan waktu komputasi lebih cepat dan menghasilkan solusi yang bagus atau mendekati optimal. Sedangkan MILP merupakan model matematis untuk menyelesaikan masalah dengan fungsi obyektif dan konstrain linear namun variabel keputusan bernilai campuran integer dan riil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kereta barang yang dapat ditambahkan dengan overtaking strategy namun tanpa melanggar jarak aman minimum antar kereta (minimum headway). Overtaking strategy merupakan strategi yang mengharuskan kereta lambat untuk berhenti di stasiun terdekat menunggu kereta cepat melewatinya. Konsep penambahan kereta pada penelitian ini adalah menggunakan konsep trainslot yaitu dengan menyisipkan kereta barang diantara jadwal kereta penumpang yang bersifat tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minimum headway berpengaruh terhadap banyaknya kereta barang yang dapat ditambahkan. Minimum headway optimal yang dihasilkan adalah 6 menit, nilai ini sesuai dengan minimum headway yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan. Dengan minimum headway 6 menit, hasil kereta barang yang dapat di tambahankan adalah 20 kereta barang dengan rincian 15 kereta barang sampai di stasiun tujuan tepat waktu dan 5 kereta barang dengan keterlambatan tidak melebihi 3 jam. Penambahan tersebut meningkatkan kapasitas angkut sebesar 1200 TEUs/hari. Jika dibandingkan dengan kapasitas awal, artinya terjadi penambahan kapasitas angkut sebesar 28,57%.
====================================================================================
Delivery o
f goods by rail mode
more frequently
in the night
shift
. While demand
for goods
delivery
service
are increase and the capacity in afternoon shift
is more available. This research
will conduct an
heuristic technique using
mathematical model
Mixed Integer Linear
Programming (MILP).
Heuristic techniques are used
because they are
capable to solved specif
ic
problems, it gives a faster computing time and resulting in a good or near
-optimal solution.
Furthermore,
MILP is a mathematical model to solve a problem
with objective and linear
constraint functions but the decision variabl
es values
are mix of integer
s and real
. This research
objective is to
determine the freight train that can be added
in
single
-track train
schedule
with
overtaking strategy
but
without breaking the minimum safety distance between
two consecutive
trains
, called
minimum headway
. Overtak
ing strategy
is a strategy that
requiring a slow train to
stop at a nearby station
while
waiting for a h
igh speed train to pass through. The concept of the
addition
trains in this study using the concept of trainslo
t that
insert
a freight trains between fi
xed
passenger train. The results s
howed that the minimum headway e
ffect on the number of
additional frei
ght trains. The
optimum minimum
headway is 6 minutes, t
his
value
is appropriate
with the
minimum
headway
that has been determined by the transportation
ministry.
The result
of 6 minutes minimum headway,
the
freight train
that can be added
was
20 trains with details of
15 trains arriving at the destination station on time and
the other
5 trains will occur delay which
not exceeding 3 hours.
The increasing i
n the carrying capacity is
1200 TEUs / day. When
comp
ared with the initial capacity
, it means the a
ddition of transport capacity can be reach up to
28.57%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: trainslot, grafik space-time, minimum headway, overtaking strategy.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ARRIFAH RATNA SARI
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:26
Last Modified: 12 Apr 2022 05:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56004

Actions (login required)

View Item View Item