Redesain Interior Rumah Sakit Onkologi Surabaya dengan Penerapan Konsep Inspirative-Healing Environment

Velisa, Agatha Maria (2018) Redesain Interior Rumah Sakit Onkologi Surabaya dengan Penerapan Konsep Inspirative-Healing Environment. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411440000052-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411440000052-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu faktor terpenting dalam hidup yang dimiliki oleh manusia, tanpa jasmani yang sehat seseorang akan memiliki kesulitan dalam melakukan aktifitasnya sehari – hari. Perkembangan di dunia kesehatan kini sudah berkembang sangat pesat, namun begitu juga dengan perkembangan penyakit yang menyerang masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia dewasa ini. Angka pasien yang terjangkit penyakit kanker terus menaik setiap tahunnya, karenanya tentu pasien akan lebih mencari rumah sakit yang menyediakan layanan spesialis khusus untuk penyakit kanker.
Rumah Sakit Onkologi Surabaya merupakan rumah sakit swasta kelas C, yang didirikan oleh PT Adil Djuwita, yang berada pada komplek Araya, Jl. Arief Rahman Hakim, Sukolilo, Surabaya. Lokasi rumah sakit rumah sakit ini berada di lokasi yang cukup strategis karena tidak jauh dari jalan arteri utama yaitu Jl. Ir. Soekarno. Nama RSOS ini juga sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia, pasien yang datang ke rumah sakit ini tidak hanya berasal dari Jawa Timur, namun ada juga yang berasal dari luar pulau.
Penyakit kanker, khususnya kanker yang menjangkit kaum wanita, yaitu kanker payudara, dan serviks adalah salah satu penyakit kanker yang angka perkembangan pasiennya terus naik. Didukung dengan penelitian lain yang dilakukan oleh Richard Haier dari The University of California yang membahas tentang psikologis antara wanita dan laki – laki, dimana wanita akan lebih sering menggunakan perasaan dibanding laki – laki yang akan lebih sering menggunakan logika. Yang menyebabkan psikologi pasien kanker tentunya berbeda dengan pasien – pasien pada umumnya, penyakit kanker bukanlah penyakit yang main – main, dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker semakin tinggi setiap tahunnya, tentu merupakan beban moral tersendiri dimiliki oleh para pasien penyakit kanker.
Berangkat dari permasalahan – permasalah yang ada diatas, penulis akan mengoptimalkan melalui pendekatan desain interior Rumah Sakit Spesialis kanker, yaitu Rumah Sakit Onkologi Surabaya dengan menggunakan konsep Inspirative-Healing Environment yang akan diterapkan dengan mengutamakan beberapa aspek yaitu, Suasana positif, audio, elemen estetis, warna paparan alam, pencahayaan alami, dan seni.
Metodologi penelitian yang dilakukan dimulai dari menentukan objek, kemudian mengumpulkan data, secara langsung maupun tidak langsung. Data langsung didapatkan dengan observasi langsung, wawancara langsung dan kuisioner, sedangkan data yang tidak langsung didapatkan dari studi pustaka literatur melalui buku ataupun dunia maya. Setelah itu mencari dan menemukan masalah, kemudian disusunlah konsep yang akan diterapkan, dari konsep akan didapatkan konsep makro dan mikro lalu diterapkan ke beberapa alternatif kemudian memilih alternatif terpilih dengan weighted method lalu didapatkanlah desain terpilih.
Konsep yang dihadirkan pada rumah sakit ini adalah konsep Inspirative-Healing, dengan bantuan transformasi dan filosofi dari bunga teratai, dimana didapatkan banyak nilai positf dari filosofi bunga tersebut, bunga ini juga sering dikaitkan dengan religi yang mengandung banyak makna positif yang penulis berharap dapat ikut menginspirasi pasien, penerapan Healing Environment dilakukan dengan menghadirkan jendela – jendela ataupun bukaan – bukaan besar pada rumah sakit, untuk menekankan aspek pencahayaan alami dan paparan alam kemudian menghadirkan banyak elemen vegetasi seperti tanaman hias maupun warna hijau untuk menekankan aspek paparan alam pada ruang, dan beberapa penerapan lainnya untuk mendukung hadirnya konsep Inspirative-Healing Environment yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penelitian.
====================================================================================================
Health is one of the most important factors in human life, without healthy body human will have difficulty in doing their daily activities. The development in medical world is now gowing very rapidly, but so is the development of diseases that attact the society, especially the Indonesian people nowadays. The number of cancer patients continues to increase every year, so patients will certainly looking for hospitals that provide specialist service, specifically for cancer for example.
Surabaya Oncology Hospital is a private hospital class C, founded by PT Adil Djuwita, located in Araya complex, Jl. Arief Rahman Hakim, Sukolilo, Surabaya. The hospital location of this hospital is located in a strategic location because it is not far from the main arterial road that is Jl. Ir. Soekarno. The name RSOS is also well known in various regions in Indonesia, patients who come to this hospital not only come from East Java, but some are from outside the island.
Cancer diseases, especially cancer that infects women, breast cancer, and cervix is two of the many cancer diseases whose number of patient's development continues to rise. Supported by other research conducted by Richard Haier from The University of California which deals with psychology between women and men, women will more often use feelings than men who will use logic more often. What causes the psychology of cancer patients is certainly different from the patients in general, cancer is a very serious disease, with the death rate caused by cancer higher each year, of course is a moral burden itself is owned by patients with cancer.
From the problems that mentioned above, the author will optimize through interior design approach Hospital Specialist cancer, the Surabaya Oncology Hospital by using the concept of Inspirative-Healing Environment to be applied by prioritizing some aspects, positive atmosphere, audio, aesthetic elements, colors of natural exposure, natural lighting, and art.
Research methodology that starts from determining the object, then collecting data, directly or indirectly. Direct data obtained by direct observation, direct interview and questionnaire, while the data are not directly obtained from library literature study through books or cyberspace. Continue with finding the problem, then drafted the concept to be applied, from the concept will be obtained the concept of macro and micro and then applied to several alternatives, then choose the chosen alternative with the weighted method and then get the selected designs.
The concept presented at this hospital is the concept of Inspirative-Healing Environment, with the help of transformation and philosophy of the lotus flower, which obtained many positive values of the flower philosophy, this flower is also often associated with a religion that contains many positive meanings that the author hopes to inspire patients, the application of Healing Environment is carried out by presenting large windows or openings in hospitals, to emphasize aspects of natural lighting and natural exposure and then present many elements of vegetation such as ornamental plants and green to emphasize aspects of natural exposure to space, and some applications others to support the presence of the concept of Inspirative-Healing Environment which aims to answer the formulation of research problems.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.855 Vel r-1 3100018078044
Uncontrolled Keywords: Healing Environment, Psikologi Pasien, Desain Interior, Rumah Sakit
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Agatha Maria Velisa
Date Deposited: 26 Nov 2020 22:33
Last Modified: 26 Nov 2020 22:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56042

Actions (login required)

View Item View Item