Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Perencanaan Strategis Teknologi Informasi Dalam Rangka Mengembangkan Smart People Dan Smart Economy (Studi Kasus Di Surabaya)

Anindita Arnandy, Didiet (2018) Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Perencanaan Strategis Teknologi Informasi Dalam Rangka Mengembangkan Smart People Dan Smart Economy (Studi Kasus Di Surabaya). Masters thesis, Institut Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of Tesis Didiet 05211050010019.pdf]
Preview
Text
Tesis Didiet 05211050010019.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan dan penerapan teknologi pada smart city membutuhkan perencanaan yang matang agar biaya investasi yang dikeluarkan bisa sejalan dengan manfaat yang di harapkan. Untuk itu diperlukan sebuah model agar lebih mudah dalam melakukan analisa terhadap perencanaan strategi teknologi. Pada model juga bisa digunakan berbagai macam skenario berbeda, sehingga diharapkan dapat mempermudah bagi pengambil kebijakan untuk melihat kemungkinan yang mungkin akan terjadi untuk menentukan keputusan dengan lebih tepat.
Pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan sebuah model simulasi sistem dinamis untuk melihat apakah perencanaan strategi sistem informasi yang digunakan saat ini layak untuk menghadapi tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi di masa depan. Model tersebut digunakan untuk melihat pengaruh Key Performance Indicators (KPI) pada Surabaya Smart People dan Smart Economy sesuai dengan tujuan pengembangan kota Surabaya.
Hasil luaran dari penelitian ini adalah sebuah model simulasi dinamis yang diharapkan bisa membantu untuk memberikan rekomendasi pada pembuat kebijakan dalam menentukan perencanaan strategi yang tepat untuk pengembangan teknologi informasi perkotaan, sehingga diharapkan investasi yang dikeluarkan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
=======================================================================================================
Use and application of technology in a smart city requires careful planning so that the investment costs incurred can be in line with the benefits expected. For that, we need a model to make it easier in analyzing technology strategic planning. In the model can also be used a variety of different scenarios, so it is expected to make it easier for policymakers to see the possibilities that may occur to determine the decision more precisely.
In this research, we will create a dynamic system simulation model to see whether the current information system strategic planning is feasible to face the challenges and problems that will be facing in the future. The model is used to see the effect of Key Performance Indicators (KPI) on Surabaya Smart People and Smart Economy by the development goal of Surabaya city.
The output of this research is a dynamic simulation model that is expected to help to provide recommendations to policymakers in determining the appropriate strategic planning for urban information technology development, so it is expected that the investment issued following the intended purpose.

Keywords: Smart Economy, Smart People, Dynamic Simulation

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 658.403 801 1 Arn p-1 3100018077900
Uncontrolled Keywords: Smart Economy, Smart People, Simulasi Dinamis, Smart Economy, Smart People, Dynamic Simulation
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Didiet Anindita Arnandy
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:17
Last Modified: 03 Nov 2020 05:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

View Item View Item