Perencanaan Prasarana Dan Sarana Pendukung Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor II Terminal Terboyo Sisemut Berdasarkan Analisis Kepuasan Penumpang

Ekomeydita, Mukramurrizal (2018) Perencanaan Prasarana Dan Sarana Pendukung Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor II Terminal Terboyo Sisemut Berdasarkan Analisis Kepuasan Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111346000004_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111346000004_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (62MB) | Preview

Abstract

Semakin bertambahnya minat masyarakat untuk menggunakan Trans Semarang Koridor II dan untuk mengetahui persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa Trans Semarang Koridor II yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dengan karakter, tingkat penghasilan, serta latar belakang yang berbeda, maka perlu diadakan penelitian tentang atribut pelayanan yang tersedia. Hasil analisis yang akan dilakukan akan menghasilkan faktor atribut pelayanan berdasarkan persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa, serta persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa tentang variabel atribut pelayanan yang disediakan oleh penyedia jasa. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja penyedia jasa dalam menyediakan atribut pelayanan Trans Semarang, sehingga bertambahnya minat masyarakat untuk menggunakan Trans Semarang Koridor II dapat didukung dengan penyediaan atribut pelayanan tidak berlebihan dan kurang maksimal oleh penyedia jasa.
Dalam tugas akhir ini digunakan metode survey untuk mendapatkan nilai – nilai dari kinerja Trans Semarang Koridor II berupa survey observasi atau pengamatan lapangan. Adapun analisis yang digunakan untuk perhitungan waktu tempuh, waktu henti dan waktu tunda. Sedangkan untuk perhitungan load factor dan kenyamanan duduk dan berdiri berdasarkan perhitungan kapasitas.
Dari hasil analisa didapat Waktu tempuh aktual rata rata bus BRT Trans Semarang Koridor II Terminal Sisemut – Terminal Sisemut berkisar 3 jam, waktu tercepat 2 Jam, 21 menit, 29 detik dan waktu terlama 4 jam, 5 menit, 15 detik. Selisih kedatangan antar bus (headway) mendekati jadwal yang didapat dari BLU Trans Semarang yaitu 7 menit dan masih sesuai dengan PMPRI No. 10 tahun 2012 yaitu headway maksimal selama 15 menit.
Kenyamanan tempat duduk sebesar 0,29 m2/space, dengan 22 unit tempat duduk, nilai ini sudah mendekati untuk standar kenyamanan tempat duduk yaitu 0,30-0,50 m2/space. Untuk kenyamanan tempat berdiri 0.2m2/space diperoleh jumlah penumpang 18 penumpang. Kapasitas BRT Trans Semarang 40 penumpang.
Loadfactor pada BRT Trans Semarang Koridor II Terminal Terboyo – Sisemut masih sering melebihi 100%, angka loadfactor terbesar adalah 128,57%. Berdasarkan jawaban responden atau penumpang dapat faktor-faktor yang menjadi perioritas utama kepuasan penumpang dan harapan penumpang berada pada kuadran A.========================================================The growing interest of the community to use Trans Semarang Corridor II and to know the perception and level of user satisfaction of Trans Semarang Corridor II service consisting of various layers of society with different character, income level, and background, it is necessary to conduct research about the service attribute available. The results of the analysis will be performed will result in service attribute factors based on the perception and level of service user satisfaction, as well as the perception and level of service user satisfaction about service attribute variables provided by service providers. This is done to maximize the performance of service providers in providing service attributes Trans Semarang, so that the increased interest of the community to use Trans Semarang Corridor II can be supported by the provision of service attributes are not excessive and less maximal by the service providers.
In this final project used survey method to get the values of Trans Semarang Corridor II performance in the form of observation survey or field observation. The analysis used for the calculation of travel time, stop time and delay time. As for the calculation of load factor and comfort of sitting and standing based on the calculation of capacity.
From the analysis results obtained Actual travel time average bus BRT Trans Semarang Corridor II Terboyo Terminal - Sisemut Terminal ranges 3 hours, fastest time 2 hours, 21 minutes, 29 seconds and the longest time 4 hours, 5 minutes, 15 seconds. The difference between the arrival of the bus (headway) is close to the schedule obtained from BLU Trans Semarang it is 7 minutes, and still in accordance with PMPRI. 10 of 2012 is the maximum headway for 15 minutes.
Comfort seating of 0.29 m2 / space, with 22 pcs of seating, this value is close to the seating comfort standard of 0.30-0.50 m2 / space. For the convenience of standing place 0.2m2 / space obtained the number of passengers 18 passengers. BRT Trans Semarang capacity is 40 passengers.
Loadfactor at BRT Trans Semarang Corridor II Terboyo Terminal - Sisemut still often exceed 100%, the largest loadfactor number is 128,57%. Based on the answers, respondents can provide the factors that become the main factors of customer satisfaction and satisfaction in quadrant A.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Trans Semarang, Load Factor, Headway, Bus Rapit Transit, Waktu Tempuh, Pelayanan, Kenyamanan Penumpang, Trans Semarang, Load Factor, Headway, Bus Rapid Transit, Travel Time, Service, Passenger Comfort
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mukramurrizal Ekomeydita
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:04
Last Modified: 01 Jul 2021 08:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56074

Actions (login required)

View Item View Item