Desain Interior Hotel Sahid Surabaya dengan Konsep Modern Street Art Bernuansa Jawa Timur

Ulumudin Achmad, Fahmi (2018) Desain Interior Hotel Sahid Surabaya dengan Konsep Modern Street Art Bernuansa Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411440000007-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411440000007-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (48MB) | Preview

Abstract

Usaha perhotelan berkembang seiring dengan kemajuan sektor pariwisata dan bisnis. Di kota besar seperti Surabaya, industri hotel bersaing ketat. Hal ini terjadi karena bisnis dan pariwisata di Surabaya berkembang sangat pesat dan cukup memikat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Persaingan hotel yang semakin tinggi berimbas pada turunnya okupansi hotel di Surabaya. Maka hal ini turut memberikan dampak terhadap hotel tua yang telah lama berdiri yang mengakibatkan kekosongan kamar.
Salah satu hotel tua yang terkena dampak dari persaingan hotel di kota Surabaya namun tetap beroperasi hingga saat ini adalah Hotel Sahid Surabaya. Hotel ini merupakan hotel bintang tiga yang berdiri sejak tahun 1971. Latar belakang yang membuat hotel ini masih beroperasi hingga saat ini selain karena lokasi hotel yang sangat strategis, loyalitas dari peminat hotel ini juga sangat tinggi.
Sebagai kota dengan masyarakat yang heterogen, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan makin banyak permasalahan kota yang dihadapi yang mencakup aspek sosial, ekonomi, politik dan juga budaya. Oleh karena itu, muncul usaha dari sekelompok orang untuk menyampaikan aspirasi di tengah – tengah masyarakat dengan cara melakukan kebebasan berekspresi di ruang publik melalui media street art.
Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan, konsep yang akan diterapkan pada interior Hotel Sahid Surabaya adalah modern street art dengan nuansa Jawa Timur. Penerapan suasana tersebut merupakan hasil dari pandangan masyarakat modern yang saat ini memiliki respon positif terhadap street art sebagai elemen diruang interior, sehingga penerapan konsep ini diharapkan dapat memberikan kesan unik dan berbeda serta mampu mempopoulerkan kembali kesenian wayang kepada pengunjung hotel sehingga dapat meningkatkan nilai komersial hotel.
Kata kunci: Desain Interior, Hotel, Modern, Street Art, Jawa Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.885 Ach d-1
Uncontrolled Keywords: Desain Interior, Hotel, Modern, Street Art, Jawa Timur
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Fahmi Ulumudin Achmad
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:19
Last Modified: 28 Jun 2021 01:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56079

Actions (login required)

View Item View Item