Pengintegrasian Penyimpan Energi yang Terkoneksi dengan Ruang Bakar dari Mesin Diesel untuk Mengurangi Emisi NOx

Lilipaly, Dion Arman (2018) Pengintegrasian Penyimpan Energi yang Terkoneksi dengan Ruang Bakar dari Mesin Diesel untuk Mengurangi Emisi NOx. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211441000004-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211441000004-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Thesis ini berfokus dalam cara mengurangi emisi NOx, yang sidah menjadi masalah di seluruh negara. Sebuah metode baru dengan mengurangi temperature pembakaran dengan mengintegrasikan sebuah penyimpan energi sementara yang terkoneksi langsung dengan ruang bakar. Metode ini menggunnakan pressure-temperature law, dimana tekanan akan menurun apabila volume diperbesar yang mengakibatkan penurunan temperatur. Pembahasan dari penelitian ini adalah menganalisa patent atau ide yang telah dibuat oleh para penemu sebelumnya, membuat model combustion simulation dengan menggunakan metode two-zone combustion dan desain 3D dari penyimpan energi yang bernama secondary chamber. Dalam model simulasi ini terdapat analasi effek bagaimana energi yang tersimpan dalam secondary chamber dapat mempengaruhi temperature pembakaran dan menghitung losses yang terjadi di pipa koneksi antara ruang bakar dan secondary chamber. Hasil menunjukkan bahwa temperature pembakaran menurun secara signifikan sebesar 6.15% untuk burn zone dan 17.8% untuk unburn zone. Kemudian sebuah komparasi heat losses antara pipa yang menggunakan insulasi dan tanpa insulasi menunjukkan bahwa insulasi dapat menyimpan energi panas lebih banyak sebesar 94.1% dibandingkan tanpa insulasi. Dan faktor terpenting dalam mendesain secondary chamber adalah pengaturan defleksi pegas dan diameter piston didalamnya. Hasil analisi menunjukkan bahwa semakin besar defleksi pegas dan diameter piston maka semakin besar pressure drop yang terjadi, oleh karena itu proses optimisasi sangat diperlukan.============================================================================================================
This thesis is focusing on how to reduce the NOx emission since it has been an issue in all over the world. An idea that reduced the combustion temperature by integrating an external chamber connected with the combustion chamber as a temporary energy storage. This method is implementing the pressure-temperature law, where the pressure is reduced by expanding the volume that resulted a temperature decreased. The aims of this study were to make a feasibility study of the previous invention, a combustion model simulation and technical drawings design of the external chamber. The simulation model involves an analysis of how the temporary energy stored effected the combustion temperature and calculating the pipeline losses. The results showed that by installing the external chamber, the combustion temperature was reduced significantly by 6.15% for the burn zone and 17.8% for the unburn zone. Furthermore, a comparison of the pipeline heat loss showed that an insulated pipe saved 94.6% more heat energy than the uninsulated. The important factor in designing the external chamber were the spring deflection and piston bore. An analysis shown that the larger the deflection and piston bore, the bigger the pressure drop would be which is why an optimization of those factors were needed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emission, Combustion, Temperature, Pressure, External Chamber, Simulation, Design.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dion Arman Lilipaly
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:32
Last Modified: 01 Jul 2021 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56186

Actions (login required)

View Item View Item