Perencanaan Kebutuhan Jumlah Gate Berdasarkan Jumlah Rute Penerbangan Yang Dilayani Pada Bandara Internasional New Yogyakarta

Suharso, Akbar Bayu Kresno (2018) Perencanaan Kebutuhan Jumlah Gate Berdasarkan Jumlah Rute Penerbangan Yang Dilayani Pada Bandara Internasional New Yogyakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111645000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111645000013-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Gate sebagai akses yang digunakan untuk proses perpindahan penumpang dari terminal menuju ke sisi udara bandara. Dan sebaiknya untuk itu, pengaturan gate sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan waktu pemakaian mulai dari pesawat mendarat hingga keberangkatan selanjutnya. Dalam suatu perencanaan kebutuhan jumlah gate terkadang hanya dipertuntukkan untuk maskapai tertentu terhadap rute. Hal ini mempengaruhi jumlah gate yang tersedia. Adapun keterlambatan penerbangan yang terjadi juga dapat disebabkan oleh pengaturan gate yang kurang optimal, sehingga pesawat harus mengantri untuk lepas landas ataupun parkir di apron. Penggunaan serta ketersediaan gate harus mencukupi dalam pelayanan penumpang dan pelayanan dari jadwal penerbangan yang tersedia terkait dengan rute penerbangan yang dilayani. Lamanya waktu pemakaian gate ini berbeda beda tergantung dari pelayanan boarding oleh pihak airlines dan penumpang yang akan melakukan penerbangan.
Bandara yang akan ditinjau dalam tugas akhir ini adalah bandara baru yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan diberi nama New Yogyakarta International Airport (NYIA). Dengan adanya Bandara NYIA ini diharapkan dapat menggantikan peran Bandara sebelumnya yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Bandara Internasional Adi Sutjipto yang sudah dikatakan kelebihan kapasitas dengan jumlah penumpang mencapai 4 juta lebih per tahunnya dan tidak dapat dikembangkan lagi karena adanya ketebatasan lahan. Selain itu bandara baru ini nantinya diharapkan dapat mengimbangi pesatnya pertumbuhan kebutuhan transportasi udara di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, serta dapat meningkatkan kenyamanan dan pelayanan bandara bagi seluruh pengguna jasa bandara. Pelaksanaan pembangunan NYIA akan dibagi menjadi 2 tahap, tahap awal direncanakan dimulai pada tahun 2016 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2019. Sedangkan pada tahap akhir diperkirakan selesai pada tahun 2040.
Data – data yang akan diperoleh nantinya adalah data jenis pesawat yang beroperasi, data pola pergerakan pesawat, jadwal penerbangan bandara Adisutjipto, dan layout Bandara Internasional New Yogyakarta. Selanjutnya dari data – data yang didapat akan dilakukan berbagai analisa yang menghasilkan bahwa tipe pesawat terbesar yang dapat beroperasi pada Bandara NYIA adalah Boeing 747-400. Dari hasil perhitungan jangkauan maksimum yang dapat ditempuh sebesar 10551 km. Berdasarkan hasil analisa lainnya, rute yang dapat dilayani Bandara NYIA ini sebanyak 37 destinasi yang diantaranya terdapat 23 rute penerbangan domestik dan 14 rute penerbangan Internasional. Setelah itu dilakukan analisa terhadap jadwal penerbangan dan menghasilkan perencanaan jumlah gate pada Bandara NYIA sebanyak 14 buah gate dan seluruh gate ini akan dapat melayani hingga 234 penerbangan.
======================================================================================================
Gate as the access used for the process of passenger movement from the terminal to the airport air side. And preferably for that, gate settings are very influential in optimizing the usage time from the plane to land until the next departure. In a planning requirement the amount of gate is sometimes only destined for certain airlines against the route. This affects the number of gates available. The flight delays that occur can also be caused by the less optimal gate settings, so the plane must wait in line to take off or park in the apron. Use and availability of the gate shall be sufficient in the passenger service and service of the available flight schedule in connection with the flight route being served. The length of time this gate is different depending on the boarding service by the airlines and passengers who will do the flight.
The airport to be reviewed in this final project is the new airport located in Yogyakarta Special Region which will be named New Yogyakarta International Airport (NYIA). With the NYIA Airport is expected to replace the previous airport's role in the Special Region of Yogyakarta, Adi Sutjipto International Airport that has been said to be over capacity with the number of passengers reaching 4 million more per year and can not be developed anymore due to the limited land. In addition, this new airport will be expected to offset the rapid growth of air transportation needs in the region of Yogyakarta Special Region, and can improve the convenience and airport services for all airport service users. The construction of the NYIA will be divided into two phases, the initial phase is planned to begin in 2016 and is expected to be completed by 2019. While in the final phase is expected to be completed by 2040.
The data to be obtained will be the data of the type of aircraft that operates, the data pattern of aircraft movement, flight schedule Adisutjipto airport, and layout of New Yogyakarta International Airport. Furthermore, from the data - data obtained will be made various analysis which resulted that the largest type of aircraft that can operate at NYIA Airport is Boeing 747-400. From the calculation of the maximum range that can be reached for 10551 km. Based on the results of other analyzes, the route that can be served NYIA Airport is as many as 37 destinations including 23 domestic flight routes and 14 international flight routes. After that analysis of the flight schedule and resulted in planning the amount of gate at NYIA Airport as much as 14 pieces of gate and the whole gate will be able to serve up to 234 flights.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.041 Suh p
Uncontrolled Keywords: Bandara NYIA, Gate, Pergerakan Pesawat, Rute Penerbangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akbar Bayu Kresno Suharso
Date Deposited: 07 May 2020 05:33
Last Modified: 09 May 2020 21:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56193

Actions (login required)

View Item View Item