Studi Perbandingan Teknis dan Ekonomis Antara Metode Ballast Water Treatment Radiasi Ultraviolet dan Ozone Treatment pada Kapal Tanker Pertamina

Panoguan, Nicholas (2018) Studi Perbandingan Teknis dan Ekonomis Antara Metode Ballast Water Treatment Radiasi Ultraviolet dan Ozone Treatment pada Kapal Tanker Pertamina. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04211440000108-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem ballast merupakan proses memasukan air laut kedalam kapal untuk menjaga stabilitas kapal. Namun, penggunaan sistem ballast dapat membawa dampak negatif bagi lingkungan saat pembuangan air ballast dilakukan. Hal tersebut terbukti dengan adanya kasus-kasus seperti, invasi Zebra Mussel di Great Lakes pada tahun 1980 yang membawa bencana lingkungan laut dan juga kerugian lebih dari 5 milyar dollar (Carlton, 2000), sebuah spesies Comb Jelly yang terdapat di Black Sea pada tahun 1982, dan kasus-kasus lainnya. Oleh sebab itu, pada tahun 2004 IMO mengeluarkan sebuah Ballast Water Management Convention yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan laut yang disebabkan oleh mikroorganisme yang terbawa oleh air balas pada kapal. Isi dari konvensi tersebut mengharuskan setiap kapal menggunakan ballast water treatment. Dalam menerapkan Ballast Water Treatment, terdapat beberapa pilihan metode yang dapat digunakan, seperti filtrasi, radiasi ultraviolet, desinfeksi chemical, sistem elektrolisis, ozone treatment dan lain-lain. Akan tetapi, di Indonesia sendiri penggunaan macam-macam metode tersebut belum semuanya diaplikasikan, contohnya kapal PT. Pertamina berukuran 40.000 dan 17.500 DWT yang sudah menggunakan ballast water treatment namun kedua kapal tersebut hanya menggunakan metode radiasi ultraviolet saja. Pada penelitian sebelumnya, terdapat perbandingan antara metode ballast water treatment radiasi ultraviolet dan ozone treatment. Hasil dari penelitian mengatakan bahwa penggunaan metode radiasi ultraviolet masih menyisakan paling sedikit 0,32 individual per liter dengan parameter 200 liter per jam, sedangkan penggunaan metode ozone treatment dapat menghilangkan bakteri sampai habis dengan parameter 7 mg per liter dalam waktu 24 jam. Oleh karena itu, pada penelitian ini, akan dilakukan studi teknis dan ekonomis antara metode pengolahan air ballas radiasi ultraviolet dengan ozone treatment pada sebuah kapal tanker Pertamina, yaitu MT.XX. Pemilihan tersebut akan dilakukan dengan melakukan pembobotan dari 5 kriteria yang akan dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan pemilihan, yaitu dari segi instalasi BWTS, operasi BWTS, kinerja BWTS dalam pembunuhan bakteri, reputasi vendor, dan biaya dari masing-masing metode. Setelah nilai pembobotan masing-masing kriteria telah didapatkan, masing-masing metode akan diberi penilaian untuk membantu proses pemilihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan metode pengolahan air ballas yang cocok untuk digunakan pada kapal MT.XX. Hasil dari penelitian ini adalah terpilihnya ballast water treatment dengan metode radiasi ultraviolet menggunakan tipe Alfa Laval PureBallast 3.1 untuk digunakan pada kapal MT.XX ====================================================================================================== Ballast system is the process of inserting sea water into the ship to maintain the stability of the ship. However, the use of a ballast system can produce negative for the environment when ballast disposal is performed. There are some cases such as the Zebra Mussel invasion of the Great Lakes in 1980 bringing environmental catastrophes and losses of more than $ 5 billion (Carlton, 2000), Comb Jelly species in the Black Sea in 1982, and other cases. Therefore, in 2004 IMO issued the Balast Water Management Convention which aims to prevent environmental pollution caused by microorganisms carried by air ballasts on ships. The contents of the conventions are for each vessel to use ballast water treatment system. In applying Ballast Water Treatment, there are several choices of methods that can be used, such as filtration, ultraviolet radiation, chemical disinfection, electrolysis systems, ozone treatment and others. However in Indonesia, the use of these kinds of methods have not all been applied, for example PT. Pertamina’s 40,000 and 17,500 DWT ship which have already used ballast water treatment are only using ultraviolet radiation as their ballast water treatment system. In the previous study, there was a comparison between the ultraviolet radiation and ozone treatment. The results of the study say that the use of ultraviolet radiation method still leaves at least 0.32 individuals per liter with a parameter of 200 liters per hour, while the use of ozone treatment method can remove bacteria to exhaust with a parameter of 7 mg per liter within 24 hours. Therefore, in this research, we will conduct technical and economical study between ultraviolet radiation water treatment method with ozone treatment on a Pertamina’s tanker vessel, MT.XX. The selection will be done by weighting the 5 criteria that will be taken into consideration in the selection, ie in terms of BWTS’ installation, BWTS’ operation, BWTS’ performance in removing bacteria, BWTS’ vendor reputation, and cost of each method. After the weighting the value of each criterion has been obtained, each method will be assessed to assist the selection process. The purpose of this study was to determine the suitable method of ballast water treatment for the MT.XX vessel. The result of this research is ultraviolet radiation ballast water treatment method using Alfa Laval PureBallast 3.1 is being selected for the use of ballast water treatment system on MT.XX vessel. Keywords : Alfa Laval, Ballast Water Treatment, Comparison Study, Economical Study NK-O3, Ozone Treatment , Tanker Vessel, Technical Study, Ultraviolet Radiation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.824 5 Pan s-1 3100018077785
Uncontrolled Keywords: Alfa Laval, Ballast Water Treatment, Kapal Tanker, NK-O3, Ozone Treatment, Radiasi Ultraviolet, Studi Ekonomis, Studi Perbandingan, Studi Teknis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.T3 Tankers
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD433 Water treatment plants
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM1 Ballast (Ships)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nicholas Panoguan
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:03
Last Modified: 01 Dec 2020 03:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56277

Actions (login required)

View Item View Item