Agni, Rafidah (2018) Analisis Dampak Pengembangan Pelabuhan di Suatu Wilayah : Studi Kasus Terminal Kendal Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04411440000034-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
PDRB Jawa Tengah berdasarkan lapangan usaha tahun 2016 menunjukkan sektor industri pengolahan memiliki kontribusi terbesar dan terus mengalami kenaikan 4,3%. Untuk meningkatkan perekomian, Kementrian Perindustrian merencanakan pengembangan zona industri. Sehingga diperlukan infrastruktur transportasi sebagai penunjang kegiatan industri. Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pelabuhan yang sangat berperan di Jawa Tengah dimana 47% total arus muatan Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas pada tahun 2016. Di sisi lain Terminal Kendal saat ini sedang dalam pengembangan yang direncanakan menjadi penunjang Pelabuhan Tanjung Emas. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting muatan peti kemas dan curah kering di Jawa Tengah dan Pelabuhan Tanjung Emas serta mengetahui dampak Terminal Kendal terhadap zona industri di Jawa Tengah. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah peti kemas di Jawa Tengah tahun 2016 sebesar 67% dan curah kering 12%. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas jumlah peti kemas tahun 2016 sebesar 61% dan muatan curah kering sebesar 19%. Kemudian untuk mengetahui dampak Terminal Kendal terhadap zona industri dilakukan analisis biaya transportasi menggunakan 3 skenario. Hasil analisis menunjukkan bahwa Terminal Kendal tidak memberikan dampak terhadap zona industri dengan skenario 1 dan 2. Sedangkan dengan menggunakan skenario 3, Terminal Kendal memberikan dampak penurunan biaya transportasi yaitu untuk muatan curah kering tujuan Kabupaten tegal terjadi penurunan biaya sebesar 4% dan untuk muatan peti kemas terjadi penurunan 9% terhadap zona industri di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.
=======================================================================================================
Based on business field in 2016, Central Java GDP shows the manufacturing sector has the largest contribution and continues to increase 4.3%. To enhance economical and industrial sector, Ministry of Industry encourage development of industrial areas. So that required transportation infrastructure as supporting industrial activity. Port of Tanjung Emas is the most important port in Central Java that 47% of the total flow of Central Java through Port of Tanjung Emas in 2016. In the other hand, nowadays Kendal Terminal is on development process which is planned to support Port of Tanjung Emas. This final project aims to find out the condition of container and dry bulk in Central Java and Port of Tanjung Emas and to know the impact of Kendal Terminal to industrial area in Central Java. The result of analysis shows that the number of containers in Central Java in 2016 is 67% and dry bulk is 12%. While at Tanjung Emas Port, number of containers in 2016 is 61% and dry bulk is 19%. Then to find out impact of Kendal Terminal to industrial area, it is analyzed transportation cost using 3 scenarios. Result from the analysys shows that development of Kendal Terminal does not give any impact to industrial area in scenario 1 and 2. While in scenario 3, Kendal Terminal can decrease trasportation cost. For dry bulk cargo, Kendal Terminal decrease 4% of transportation costs for the industrial zone in Tegal. While for containers, Kendal Terminal has decrease 9% of transportation costs on Banyumas, Batang, Brebes, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Tegal, Temanggung and Wonosobo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSTrL 627.31 Agn a-1 3100018078288 |
Uncontrolled Keywords: | Biaya Transportasi, Industri, Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal Kendal, |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rafidah Agni |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 03:13 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 03:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/56287 |
Actions (login required)
View Item |