Perencanaan Bulbous Bow Tipe Baru Dengan Konsep Moncong Ikan Layar (Sailfish) Terhadap Nilai Resistance Total Pada Kapal Fast Seagoing Cargo Ship Dengan Menggunakan Maxsurf dan CFD

Adi Wiradikna, Yafi Dresta (2018) Perencanaan Bulbous Bow Tipe Baru Dengan Konsep Moncong Ikan Layar (Sailfish) Terhadap Nilai Resistance Total Pada Kapal Fast Seagoing Cargo Ship Dengan Menggunakan Maxsurf dan CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211645000002-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211645000002-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bulbous bow adalah lambung tambahan pada bagian depan kapal yang digunakan oleh desainer sebagai andalan untuk mereduksi wave making resistance dengan cara memanipulasi gelombang pada haluan kapal agar gelombang yang dihasilkan adalah kecil. Ikan Layaran atau biasa disebut ikan Sailfish di dunia barat adalah seekor ikan laut yang dinobatkan sebagai ikan tercepat di dunia dengan kecepatan gerak maksimal mencapai 110 km/h dan memiliki ciri-ciri fisik yang cenderung mirip dengan ikan marlin dan ikan pedang hanya saja berbeda pada sirip ikan tersebut dan ukuran ikan layar cenderung lebih kecil dibandingkan kedua ikan tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis berkeinginan untuk mengembangkan desain bulbous bow konvensional ke bulbous bow tipe ikan layar dengan hipotesis memperkecil tekanan pada bagian haluan agar menghasilkan gelombang yang relatif lebih kecil dibandingkan bulbous bow konvensional yang pada waktu tertentu menghasilkan gelombang terlalu besar sehingga interferensi gelombang sedikit belum efisien. Penelitian kali ini menggunakan metode campuran dimana metode teori dasar adalah sebagai metode kualitatif yaitu mendesain bulbous bow dengan tipe baru dengan menggunakan penggabungan data, dan metode komparatif yaitu membandingkan hasil nilai tahanan total antara bulbous bow konvensional dengan tipe baru dengan menggunakan CFD. Berdasarkan hasil pengujian nilai tahanan kapal, bulbous bow konvensional masih memiliki nilai tahanan kapal rata-rata lebih kecil 32% dibandingkan sailfish bulb dikarenakan pada sailfish bulb memiliki bentuk yang terlalu lancip sehingga tekanan fluida pembuat gelombang terlalu kecil dan berakibat tidak efisiennya proses interferensi gelombang. Dengan demikian, maka penggunaan sailfish bulbous bow dengan rancangan tersebut pada kapal ro-ro dapat dikatakan tidak lebih atau belum efisien dibandingkan bulb konvensional.
"======================================================="

Bulbous Bow is an added hull in the stem area which is used commonly by designer to reduce the waves making resistance using the wave interference concept which is creating new bulb waves before the hull waves, so that the ships can generate small waves. Sailfish is a pacific ocean fish which is crowned as the fastest animal in the ocean with the maximum speed is 110 km/hours and it has similar physical characteristic with Swordfish and Marlin with the sharp bill in the head, but it has different fin type and it has smaller size than them. Based on the case above, the writer want to develops the design of conventional bulbous bow to the bulbous bow which is using the sailfish geometry concept with the hypothesis for reducing the fluids pressure on the bulbous bow so that it can generates the smaller wave compared to the conventional bulb’s wave that sometimes generates wave bigger than hull waves especially in high speed which is influence bad things to the efficiency of wave interference. This research is using mixed method which is mixed between designing the new type of bulbous bow using geometry data and exist theory for basic theory as the qualitative method and comparing the resistance result using Computational Fluid Dyanmics (C.F.D) as the quantitative method. Based on the simulation result of ship’s total resistance, the ship with conventional bulbous bow has lower 32% average of total resistance than the sailfish bulbous bow it because the sailfish bulbous bow has the sharp geometry so that the fluid pressure is too low to creates new wave which is become bad efficiency for wave interference. Based on the result so we can conclude using sailfish bulbous bow with the planned design for fast seagoing cargo ship is not more efficient than the conventional one.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bulbous Bow, Sailfish, Tahanan Kapal, Gelombang
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yafi Dresta Adi Wiradikna
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:00
Last Modified: 28 Jun 2021 01:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56355

Actions (login required)

View Item View Item