Arsitektur dan Fleksibilitas: Rumah Susun yang Tumbuh dan Berkembang

Widyastama, Faiz (2018) Arsitektur dan Fleksibilitas: Rumah Susun yang Tumbuh dan Berkembang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000031-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000031-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota merupakan pusat berbagai aktivitas ekonomi, perdagangan pendidikan maupun kesehatan, akibatnya banyak masyarakat yang melakukan migrasi dari desa ke kota, beberapa kelompok masyarakat yang melakukan migrasi tidak memilki tempat untuk tinggal, hal ini memicu mereka untuk membuat pemukiman ilegal di perkotaan. Menanggapi permasalahan kepadatan pemerintah kota melakukan penertiban dengan cara merelokasi ke rumah susun, akan tetapi apakah rumah susun yang disediakan dapat menjamin ketersediaan space yang dibutuhkan untuk mewadahi aktivitas di masa yang akan datang.
Pada dasarnya manusia mengalami proses tumbuh dan berkembang, bagaimana jika manusia yang tinggal di rumah susun mengalamai proses tumbuh kembang sedangkan space yang tersedia tidak mampu untuk mewadahi aktivitasnya, maka hal ini memungkinkan mereka untuk kembali membuat pemukiman secara ilegal.
Fleksibilitas digunakan sebagai pendekatan karena mempunyai kemampuan untuk berubah, sehingga ketika seseorang mengalami proses tumbuh kembang dan membutuhkan space lebih, arsitekturnya dapat dimodifikasi di masa yang akan datang. Hal ini dapat merubah pandangan seseorang terhadap arsitektur dimana arsitektur tidak lagi dianggap sebagai benda yang statis, melainkan dianggap sebagai benda yang aktif, benda dapat tumbuh dan berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas, kepadatan, rumah susun
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faiz Widyastama
Date Deposited: 28 Jun 2021 08:18
Last Modified: 28 Jun 2021 08:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56357

Actions (login required)

View Item View Item