Analisis Nilai Faktor Kalibrasi dan Nilai Calibration And Measurement Capability (CMC) pada Dosimeter Saku dan Surveimeter Gamma di Laboratorium Kalibrasi Alat Ukur Radiasi (Kaur) Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Surabaya

Christianti, Kurnia Hastu (2018) Analisis Nilai Faktor Kalibrasi dan Nilai Calibration And Measurement Capability (CMC) pada Dosimeter Saku dan Surveimeter Gamma di Laboratorium Kalibrasi Alat Ukur Radiasi (Kaur) Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Undergraduate_01111440000006_Theses.pdf]
Preview
Text
Undergraduate_01111440000006_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai Peraturan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) No 1 Tahun 2006 pasal 10, dosimeter saku (analog atau digital) dan surveimeter gamma termasuk jenis alat ukur radiasi yang harus dikalibrasi setiap tahunnya. Kalibrasi dilakukan oleh suatu badan yang telah ditunjuk oleh BAPETEN, salah satunya adalah Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK) Surabaya khususnya Laboratorium Kalibrasi Alat Ukur Radiasi (KAUR). Badan tersebut harus mampu menunjukan tingkat kepercayaan terhadap data yang dikeluarkan melalui ketidakpastian menggunakan nilai faktor kalibrasi dan Calibration and Measurement Capability (CMC). CMC dari Laboratorium KAUR BPFK masih belum diberitahukan secara umum kepada konsumen. Pada penelitian ini dilakukan studi nilai faktor kalibrasi dan CMC terhadap 20 dosimeter saku analog, 20 dosimeter saku digital dan 10 surveimeter gamma. Metode Kalibrasi yang digunakan adalah metode substitusi dari sumber Cs-137. Dari penelitian 40 dosimeter saku yang diuji, 39 dosimeter memenuhi standard kalibrasi, 1 dosimeter lainya tidak layak digunakan karena nilai faktor kalibrasi melebihi standard yang telah ditetapkan. Dari 10 surveimeter gamma yang diuji semuanya memenuhi standard sehingga surveimeter masih layak dipakai. Nilai CMC dari dosimeter saku analog, dosimeter saku digital dosimeter berturut turut adalah 3,21% dan 2,64%. Sedangkan untuk surveimeter gamma untuk parameter satuan, puluhan dan ratusan ketidakpastiannya berturut-turut adalah 3,19%, 2,99% dan 2,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : CMC, Kalibrasi, Dosimeter Saku, Surveimeter
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Natural Science > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kurnia Hastu Christianti
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:59
Last Modified: 28 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56524

Actions (login required)

View Item View Item