Analisis Volume Pengerukan Alur Pelayaran Barat Surabaya Menggunakan Data Multibeam Echosounder Dengan Perangkat Lunak Hypack Dan AutoCAD Civil 3D

Yusuf, Irfan Maulana (2018) Analisis Volume Pengerukan Alur Pelayaran Barat Surabaya Menggunakan Data Multibeam Echosounder Dengan Perangkat Lunak Hypack Dan AutoCAD Civil 3D. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311440000036_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03311440000036_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak yang dilewati Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) memiliki peran sebagai penggerak pertumbuhan perekonomian di bidang angkutan laut. Sungai-sungai yang bermuara ke APBS membawa sejumlah besar sedimen yang mengakibatkan pendangkalan, sehingga bisa mempengaruhi efektifitas APBS. Maka perlu dilakukan maintenance dredging perairan pelabuhan untuk mempertahankan kedalaman ideal. Pada penelitian ini akan melakukan perhitungan volume pengerukan dengan data dari survei multibeam echosounder di Alur Pelayaran Barat Surabaya menggunakan perangkat lunak Hypack dan AutoCAD Civil 3D dimana dari hasil tiap perangkat lunak akan dianalisa manakah perangkat lunak yang tepat untuk digunakan dalam pekerjaan pengerukan di laut. Metode perhitungan volume yang digunakan adalah penampang rata-rata dengan membagi perhitungannya per-section. Dari pengolahan data multibeam ini didapatkan hasil peta batimetri yang menunjukkan lokasi penelitian yang kurang dari -13 meter memiliki panjang alur 17,6 kilometer. Total nilai volume yang didapat dari perhitungan AutoCAD Civil 3D sebesar 5.921.745 m³, Hypack sebesar 5.952.881,83 m³, hitungan manual sebesar 5.326.096,17 m³, dan perhitungan menggunakan metode composite sebesar 5.881.819,17 m³. Hitungan RMSE pada AutoCAD Civil 3D terhadap hitungan manual dan metode composite adalah 354,78 dan 171,27, sedangkan nilai RMSE Hypack terhadap hitungan manual dan metode composite adalah 480,64 dan 264,76. AutoCAD Civil 3D adalah hitungan yang paling mendekati hasil hitungan manual dan metode composite sebagai pembanding.

========================================================

The seaport Tanjung Perak passed through by Surabaya west access channel (APBS) has an important role as driving of economic growth in the field of sea transport. The rivers that flow to APBS has bringing large of sediments that caused of shallow on that area, so that influence the effectiveness of APBS. Hence maintenance dredging port water is needed to maintain the ideal depth. In this research will doing the calculation of dredging volume with data derives from multibeam echosounder survey in APBS using Hypack and AutoCAD Civil 3D software. The results of each software will be analysed to see which software will be used in doing dredging in the sea correctly. The volume calculation methode used is average end area divided by the result of calculation each section. From the multibeam data processing produces bathymetry map that indicates the study location with depth less than -13 meter with along cruise line 17.6 kilometers. Total value volume obtained from calculation AutoCAD Civil 3D amounting 5,921,745 m³, Hypack amounting 5,952,881.83 m³, manual calculation amounting 5,326,096.17 m³, and calculation using composite methode amounting 5,881,819.17 m³. RMSE calculation on AutoCAD Civil 3D towards manual calculation and composite methode is 354.78 and 171.27 respectively, meanwhile Hypack RMSE value towards manual calculation and composite methode is 480.64 and 264.76. If compared to manual calculation and composite methode, AutoCAD Civil 3D is the most close count.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Volume, Cross Section, Pengerukan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr irfan maulana
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:04
Last Modified: 06 Jul 2021 10:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56576

Actions (login required)

View Item View Item