Peningkatan Kualitas Hasil Pencarian Tanpa Melanggar Privasi Pengguna Pada Penelusuran Web Terpesonalisasi Menggunakan Algoritma Greedy

Cahyani, Regita Pramesti Nur (2018) Peningkatan Kualitas Hasil Pencarian Tanpa Melanggar Privasi Pengguna Pada Penelusuran Web Terpesonalisasi Menggunakan Algoritma Greedy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111440000027-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06111440000027-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelusuran Web Terpersonalisasi (PWS) memungkinkan pengguna layanan mesin pencari web (Web Search Engine) menggunakan personalisasi data untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan preferensinya. Pada salah satu jenis PWS, yaitu PWS berbasis profil (User Profile), penyedia layanan harus mempertimbangkan dua efek yang kontradiktif selama proses pencarian. Pada saat proses pencarian, penyedia layanan akan berusaha memperbaiki kualitas pencarian dengan memanfaatkan utilitas personalisasi profil pengguna. Di sisi lain, jika privasi pengguna terkendali dan terekam oleh mesin pencari web (Web Search Engine), kemungkinan yang terjadi adalah data-data tersebut akan disalahgunakan oleh pihak ketiga. Kebutuhan penanganan masalah kontradiktif tersebut sangat diperlukan. Oleh karena itu, sistem yang dibuat memanfaatkan algoritma Greedy untuk melindunggi privasi pengguna selama proses pencarian berlangsung tanpa mempengaruhi kuaitas hasil pencarian. Hasil uji coba memperlihatkan bahwa dengan adanya perlindungan privasi pada penelusuran web terpersonalisasi yang dibuat, sistem mampu memberikan akuransi 75,89% dan 77,78% untuk setiap jenis Keyword pada relevansi keinginan pengguna terhadap hasil pencarian. Sistem telah memberikan hasil yang kualitasnya sama seperti mesin pencari web terpersonalisasi yang tidak memiliki perlindungan privasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PWS, Web Search Engine, algoritma Greedy
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.585 Cloud computing. Mobile computing.
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Regita Pramesti Nur Cahyani
Date Deposited: 28 Jun 2021 08:15
Last Modified: 28 Jun 2021 08:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56760

Actions (login required)

View Item View Item