Perbaikan Tanah Dasar Pada Proyek Jalan Tol Porong - Gempol STA 35+060 s.d STA 37+340 Menggunakan Prefabricated Vertical Drained dan Perkuatan Timbunan

Ma'ruf, Zakky Rachmadi (2018) Perbaikan Tanah Dasar Pada Proyek Jalan Tol Porong - Gempol STA 35+060 s.d STA 37+340 Menggunakan Prefabricated Vertical Drained dan Perkuatan Timbunan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000019-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan jalan tol Porong – Gempol
merupakan solusi dari pemerintah provinsi Jawa Timur untuk
mengurangi angka kemacetan yang terjadi di jalan raya porong,
dikarenakan adanya pengaruh dari terputusnya jalan tol lama
akibat banjir lumpur panas yang berasal dari pengeboran zat bumi
oleh PT. LAPINDO, sehingga jalan tol Porong – Gempol paket 1
yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. terletak
pada sisi tengah dari arteri porong tersebut memiliki panjang
3,815 km, dan disambung oleh PT. Waskita Karya di paket 2.
Struktur tipikal yang digunakan oleh 2 pelaksana tersebut adalah
struktur pile slab, dengan makna pile menjadi suatu penompang
dari struktur badan jalan diatasnya. Pada proyek akhir terapan ini
hanya meninjau dari STA 35+060 s.d STA 37+340 yang terbagi
menjadi 2 zona sebagai berikut: zona 1 (STA 35+060 s.d STA
36+630) dan zona 2 (STA 36+630 s.d STA 37+340), Pada
pemeriksaan kondisi tanah eksisting mendapatkan hasil
kedalaman tanah lunak sedalam 27 m pada zona 1 dan sedalam 10
m pada zona 2. Sehingga memungkinkan adanya perbaikan tanah
dasar. Apabila terdapat suatu timbunan diatas tanah lunak, maka
akan menimbulkan kelongsoran, sehingga diperlukan adanya
perkuatan timbunan untuk menghindari terjadinya kelongsoran.
ii
Metode yang digunakan untuk perbaikan tanah dasar
dalam pengerjaan proyek akhir terapan tersebut menggunakan
metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang diberi timbunan
preloading diatasnya, pada perencanaan PVD, digunakan PVD
dengan panjang yang sesuai dengan kedalaman tanah lunak,
sehingga pada zona 1 menggunakan PVD sedalam 27 m dan pada
zona 2 menggunakan PVD sedalam 10 m, hal ini bertujuan untuk
meningkatkan efisiensi biaya pada perawatan jalan. Pola
pemasangan PVD yang digunakan adalah pola pemasangan
segitiga dengan jarak 1,5 m. dan untuk metode perkuatan
timbunan menggunakan goetekstile uw 250 sebanyak 4 lapis pada
setengah lebar timbunan.
Hasil dari biaya material yang dibutuhkan untuk kontruksi
bawah dari STA 35+060 s.d 37+340 adalah Rp.
26.193.392.348,88 dengan waktu sekitar 5 bulan sedangkan biaya
material yang sesuai pada pekerjaan dari PT. Wijaya Karya Tbk.
adalah Rp. 29.612.188.640,00 dengan waktu 7,5 bulan.
===========================================================
The Porong - Gempol toll road project is a solution from
the East Java provincial government to reduce the number of
congestion on the Porong highway, due to the influence of the
breakdown of the old toll road because the mud flood that occured
from the drilling of earth substances by PT. LAPINDO, Porong -
Gempol toll road 1 package undertaken by PT. Wijaya Karya
(Persero) Tbk. located on the middle side of the porong arterial
road has a length of 3.815 km, and continued by PT. Waskita Karya
in package 2. The typical structure used by the two contractors is
the pile slab structure, with the meaning of pile being a contributor
of the road body structure on it. This final project is only reviewed
from STA 35 + 060 to STA 37 + 340 which is divided into 2 zones
: zone 1 (STA 35 + 060 sd STA 36 + 630) and zone 2 (STA 36 +
630 sd STA 37+ 340), the investigation of existing soil conditions
has a result that depth of soft soil is 27 m in zone 1 and 10 m deep
in zone 2. So as to enable the improvement of the soil subgrade. If
there are embankments on the soft soil, it will lump, so there needs
to be a reinforcement to avoid sliding.
The method used for the improvement of the soil in this
final project is using a Prefabricated Vertical Drain (PVD) method
which is stacked of embankments above it, in PVD planning, PVD
is used with a length corresponding to soft soil depth, so in zone 1
iv
using PVD as deep as 27 m and in zone 2 using PVD as deep as 10
m, it aims to improve cost efficiency on road maintenance. The
pattern of installation of PVD used is triangle pattern with a
distance of 1.5 m. and for reinforcement stability using goetekstile
uw 250, 4 layers on half width of embankment.
The result of the material cost in this final project of STA
35 + 060 s.d 37 + 340 is Rp. 26.193,392,348.88 with 5 months
while the appropriate material costs on the work of PT. Wijaya
Karya Tbk. is Rp. 29.612.188.640,00 with 7.5 months.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Consolidation, Pile Slab, Preloading, PVD, Subgrade Improvement
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Ma'ruf Zakky Rachmadi
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:50
Last Modified: 30 Jun 2021 05:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56793

Actions (login required)

View Item View Item