Analisis Kedalaman Sungai Untuk Alur Pelayaran Kapal Batu Bara Menggunakan Multibeam Echosounder (Studi Kasus : Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Islami, Ahmad Ayyash (2018) Analisis Kedalaman Sungai Untuk Alur Pelayaran Kapal Batu Bara Menggunakan Multibeam Echosounder (Studi Kasus : Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopermber.

[thumbnail of 03311440000083 - Ahmad Ayyash Islami.pdf]
Preview
Text
03311440000083 - Ahmad Ayyash Islami.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kalimantan merupakan salah satu daerah penghasil tambang batu bara terbesar di Indonesia. Dengan hasil tambang yang melimpah, perusahaan tambang di Kalimantan membutuhkan media transportasi yang dapat mencakup sebagian besar daerah pertambangan. Media transportasi yang sering digunakan di Kalimantan adalah media transportasi air Sungai Mahakam. Sungai Mahakam merupakan media transportasi air utama yang digunakan untuk menghubungkan daerah yang tidak dapat dilalui melalui jalur darat di Kalimantan. Untuk mendapatkan transportasi yang aman haruslah dibuat alur pelayaran. Alur pelayaran dibuat dari survei batimetri menggunakan menggunakan Multibeam Echosounder.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan alur pelayaran yang aman bagi kapal untuk melintas Daerah Aliran Sungai Sungai Mahakam. Data batimetri yang didapat dari survei akan dibuat alur pelayarannya dengan spesifikasi Standar Nasional Indonesia dan spesifikasi dari dimensi kapal. Data yang digunakan adalah data batimetri dari PT.Seascape Surveys Indonesia. Data batimetri dikoreksi dengan parameter-parameter kesalahan survei terdiri dari koreksi pasang surut, Sound Velocity Profiler , gradien dan patch test. Kedalaman dari data batimetri mempunyai referensi terhadap EGM96 saat pengambilan data dan Lowest Low Water Level dengan referensi EGM08 saat penyajian peta.
Dari analisa peta batimetri Sungai Mahakam, didapatkan peta batimetri dari Sungai Mahakam dan alur pelayaran yang direkomendasikan oleh kapal Katingan dan kapal Straits Pheonix.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sungai Mahakam, Survei Batimetri, Multibeam Echosounder, Alur Pelayaran, Gradien
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Ayyash Islami
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:53
Last Modified: 01 Jul 2021 07:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56908

Actions (login required)

View Item View Item