Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Manyar Kartika Kota Surabaya

Isnaini, Muhammad Nur (2018) Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Manyar Kartika Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000040_Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000040_Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Sehubungan dengan terbangunnya Apartemen Manyar Kartika ini akan menimbulkan bangkitan perjalanan baru yang akan menambah volume lalu lintas yang akan membebani kawasan ruas-ruas jalan dan simpang di sekitar kawasan tersebut. Dampak dari hal tersebut yaitu akan terjadi kepadatan lalu lintas khususnya pada jam puncak. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi berupa kajian tentang masalah dampak lalu lintas dari pembangunan Apartemen Manyar Kartika terhadap pengaruh kemacetan beserta solusi penanganannya.
Metodologi yang digunakan adalah analisa tarikan perjalanan menggunakan data bangunan analog denggan metode regresi, analisa kinerja ruas dan simpang berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 kondisi eksisting, saat beroperasi dan lima tahun setelah beroperasi, analisa kebutuhan parkir, dan penyusunan rekomendasi untuk solusi penanganan dari dampak lalu lintas yang terjadi.
Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa kondisi eksisting tahun 2018, simpang tak bersinyal Jl. Manyar Kartika – Jl. Menur Pumpungan menunjukkan kinerja simpang yang masih baik dengan DJ tertinggi 0,85 pada periode puncak pagi. Kondisi eksisting simpang tak bersinyal Jl. Manyar Kartika VII – Jl. Menur Pumpungan menunjukkan kinerja simpang yang buruk dengan DJ tertinggi 1,08 pada periode puncak pagi. Kondisi eksisting simpang tak bersinyal Jl. Manyar Tirtoyoso – Jl. Menur Pumpungan – Jl. Manyar Indah menunjukkan kinerja simpang yang sangat buruk dengan DJ tertinggi 1,20 pada periode puncak sore. Kondisi eksisting simpang bersinyal Jl. Raya Manyar – Jl. Ngagel Jaya Selatan – Jl. Manyar Rejo menunjukkan kinerja simpang yang buruk dengan tundaan rata-rata simpang tertinggi 59,32 pada periode puncak sore. Kondisi eksisting ruas yang menunjukkan kinerja simpang paling buruk yaitu di Jl. Menur Pumpungan S2 dengan DJ tertinggi 0,87 pada periode puncak sore. Dengan adanya pembangunan Apartemen Manyar Kartika maka akan terjadi penurunan kinerja jalan, oleh karena itu dilakukan bebarapa kombinasi perbaikan berupa dengan pelebaran jalan dengan box culvert selebar ±6 m pada Jl. Menur Pumpungan, dengan manajemen lalu lintas berupa jalan minor hanya dibolehkan belok kiri, perubahan pergerakan fase beserta pengaturan ulang waktu hijau pada simpang bersinyal, dan dilakukan perubahan dari simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal.
============================================================================================
Because of the construction of Apartment Manyar Kartika will cause a new trip generation that will increase the volume of traffic that will burden the area of roads and intersections around the area. The impact of it is that there will be traffic density, especially at peak hour. Therefore, it is necessary to conduct a study about traffic impact from the construction of Manyar Kartika Apartment and find the solutions to traffic problems that occur.
The methodology used in this study is the analysis of atraction using analog building data with regression method, performance analysis of segments and intersections based on 2014 Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 existing condition, operation condition and five years after operation, analysis of parking needs, and prepare recommendations for handling solutions due to traffic impacts.
The results of analysis existing traffic performance in 2018 in unsignalized intersection Jl. Manyar Kartika – Jl. Menur Pumpungan shows the highest degree of saturation (DJ) is 0,85 at morning peak. In unsignalized intersection Jl. Manyar Kartika VIII – Jl. Menur Pumpungan shows the highest degree of saturation (DJ) is 1,08 at morning peak. In unsignalized intersection Jl. Manyar Tirtoyoso – Jl. Menur Pumpungan – Jl. Manyar Indah Raya shows the highest degree of saturation (DJ) is 1,20 at afternoon peak. In signalized intersection Jl. Raya Manyar – Jl. Ngagel Jaya Selatan – Jl. Manyar Rejo shows the highest average delay 59,32 at afternoon peak. With the development of Apartment Manyar Kartika there will reduce road performance, therefore performed a combination of improvements in the form of widening the road with box culvert width ± 6 m on Jl. Menur Pumpungan, with traffic management in the form of minor roads is only allowed to turn left, changes in phase movement along with the green reset time at the signal intersection and change from unsignalized intersection to signalized intersection.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Andalalin, Derajat Kejenuhan, Apartemen Manyar Kartika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Muhammad Nur Isnaini
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:25
Last Modified: 16 Jul 2021 00:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57157

Actions (login required)

View Item View Item