Studi Tingkat Kematangan Sistem Supervisory Control And Data Acquisition (Scada) Menggunakan Self-Assessment Framework Information Technology Infrastructur Library (Itil) Pada Pusat Pengatur Beban Wilayah Jawa-Bali

Faiz, Ilham Miftha (2018) Studi Tingkat Kematangan Sistem Supervisory Control And Data Acquisition (Scada) Menggunakan Self-Assessment Framework Information Technology Infrastructur Library (Itil) Pada Pusat Pengatur Beban Wilayah Jawa-Bali. Undergraduate thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000107-Undergradute_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000107-Undergradute_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Listrik merupakan komuditas energy yang penting demi keberlangsungan perputaran ekonomi negara. Listrik di Indonesia di Suplai oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pada tahun 2017 kebutuhan listrik mencapai 25.670MW. dalam memantau dan menjaga kualitas listrik PLN membentuk sebuah unit kerja yaitu pusat pengaturan beban. Pusat pengaturan beban bertanggung jawab mengatur pembangkit dan gardu induk untuk memenuhi kebutuhan distribusi listrik.
Sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) membantu tugas pusat pengaturan beban sebagai kontrol jarak jauh terhadap peralatan yang tersebar di wilayah Jawa-Bali. Kebutuhan yang semakin bertambah memaksa PLN meningkatkan produksi listrik. Untuk memenuhi kebutuhan PLN pusat pengaturan beban berencana untuk meningkatkan kinerja sistem SCADA. Langkah pengembangan yang akan dilakukan pusat pengaturan beban harus tepat.
Maka di perlukan sebuah framework pengembangan unit pusat pengaturan beban. Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan framework yang mengacu pada ISO 20000 tentang standar yang digunakan manajemen layanan teknologi informasi. Dalam tugas akhir ini pusat pengaturan beban akan di nilai tingkat kematangan sistemnya melalui studi tingkat kematangan sistem Sistem SCADA. Nilai dari studi tingkat kematang layanan SCADA sebesar 2,64 dan yang memerlukan peningkatan pada proses-proses yang terdapat pada tahap Service Transition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pusat Pengaturan Beban, SCADA, ITIL
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ilham miftha faiz
Date Deposited: 18 Jul 2021 21:29
Last Modified: 18 Jul 2021 21:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57193

Actions (login required)

View Item View Item