Analisa Dan Pengukuran Tingkat Kesehatan Organisasi Unit Layanan Level Rayon Di Pt. Pln (Persero) Menggunakan Organizational Health Index

Syams, Dzuriah Melinda (2018) Analisa Dan Pengukuran Tingkat Kesehatan Organisasi Unit Layanan Level Rayon Di Pt. Pln (Persero) Menggunakan Organizational Health Index. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111440000042-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
09111440000042-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan adalah proses peralihan menuju kondisi yang baru dan berbeda dari kondisi yang konstan bagi perusahaan. Perubahan organisasi merupakan strategi yang begitu berisiko bagi perusahaan, karena perubahan mengancam identitas organisasi. Salah satu organisasi yang sedang menjalankan strategi yang berisiko ini adalah PT. PLN (Persero) dimana mereka menjalankan proyek pilot service point yang mengubah Unit Layanan Dengan Rayon (ULDR) menjadi Unit Layanan Tanpa Rayon (ULTR). PT. PLN (Persero) menerapkan service point pada Unit Layanan Padang, Unit Layanan Makassar, Unit Layanan Tanjung Pandang, Unit Layanan Pangkal Pinang, dan Unit Layanan Salatiga. Akan tetapi, di antara kelima unit layanan tersebut, hanya PLN Unit Layanan Salatiga yang berhasil menerapkan service point ULTR selama lebih dari 5 tahun. Perubahan desain organisasi menjadi ULTR ini terbukti memberikan kontribusi berupa sistem keuangan terpusat, kecepatan penyajian dan pelaporan data, penyediaan material terpusat, dan pegawai yang multitasking bagi PT. PLN (Persero). Keberhasilan ini tentunya menginspirasi pihak manajemen PT. PLN untuk menerapkan desain yang serupa pada unit-unit layanan lainnya. Karena itu dibutuhkan pendekatan yang mampu menjelaskan perubahan organisasi yang terjadi pada objek service point. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah analisa dan pengukuran tingkat kesehatan organisasi Unit Layanan Level Rayon di PT. PLN (Persero) menggunakan Organizational Health Index. Hasil penelitian ini menemukan Unit Layanan Tanpa Rayon merupakan organisasi yang sehat, dan Unit Layanan Dengan Rayon adalah organisasi sehat unggul berkelanjutan. Selain itu, ditemukan juga bahwa ULTR dan ULDR memiliki pola dasar yang berbeda. Unit Layanan Tanpa Rayon berpola dasar manajemen Execution edge, sedangkan Unit Layanan Dengan Rayon berpola dasar Market focus.

Kata kunci: perubahan organisasi, unit layanan tanpa rayon, organizational development, organizational health index, kesehatan organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perubahan organisasi, unit layanan tanpa rayon, organizational development, organizational health index, kesehatan organisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syams Dzuriah Melinda
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:40
Last Modified: 06 Jul 2021 10:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57298

Actions (login required)

View Item View Item