Perancangan Generator Linear Magnet Permanen Untuk Penerangan Di Wisata Pantai Sendiki, Malang, Jawa Timur

Sekti, Irsat Surya (2018) Perancangan Generator Linear Magnet Permanen Untuk Penerangan Di Wisata Pantai Sendiki, Malang, Jawa Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000037-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211440000037-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan sekaligus negara maritim. Dua per tiga bagian wilayah Indonesia yaitu berupa wilayah perairan laut. Banyaknya pulau di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak pantai-pantai yang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Pantai Sendiki, Malang, Jawa Timur adalah salah satu yang memiliki potensi tersebut. Masalah yang dimiliki pengelola Pantai Sendiki yaitu memiliki waktu operasional 24 jam tetapi belum cukupnya pembangkit untuk menyuplai kebutuhan listrik khususnya penerangan pada saat akhir pekan atau saat puncak kunjungan. Hal tersebut membuat kondisi area masih terlalu gelap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat rancangan generator linear magnet permanen. Hal tersebut sebagai langkah pemanfaatan gelombang laut di Pantai Sendiki yang cukup tinggi untuk dikonversi menjadi energi listrik untuk kebutuhan penerangan di Pantai Sendiki, Malang, Jawa Timur. Sumber energi dari gelombang laut adalah sumber energi terbarukan dan tidak terbatas. Konverter energi juga tidak menimbulkan pencemaran laut. Dari penelitian ini didapatkan rancangan generator linear magnet permanen dengan dimensi stroke 1,126 m dengan diameter stator 0,1209 m, menggunakan 4 silinder magnet permanen menghasilkan daya rata-rata sebesar 1510,8 Watt dan arus 2,7 A. Untuk menyimpan daya tersebut membutuhkan setidaknya 9 unit baterai dengan kapasitas 200 Ah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Gelombang, Linear Generator, Magnet Permanen, Energi Terbarukan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: IRSAT SURYA SEKTI
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:09
Last Modified: 22 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57564

Actions (login required)

View Item View Item