Zonasi dan Pemetaan Sungai Bawah Permukaan Berdasarkan Analisis Data Mikrotremor Dengan Metode Horizontal To Vertical Spectral Ratio (HVSR), Particle Motion, dan Time Frequency Analysis Kawasan Karst Dersono, Pacitan

Abdullah, Maulana Ibnu Umar Saif (2018) Zonasi dan Pemetaan Sungai Bawah Permukaan Berdasarkan Analisis Data Mikrotremor Dengan Metode Horizontal To Vertical Spectral Ratio (HVSR), Particle Motion, dan Time Frequency Analysis Kawasan Karst Dersono, Pacitan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3714100039-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
3714100039-Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kawasan karst Dersono, Pacitan merupakan daerah dengan bentang alam yang khas. Hal ini dapat dilihat dari terdapatnya gua atau luweng di beberapa lokasi. Keberadaan luweng-luweng ini dapat mengindikasikan adanya gua yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem sungai bawah permukaan di lokasi tersebut. Salah satu metode geofisika yang dapat digunakan untuk penelitian sungai bawah permukaan di kawasan karst adalah metode mikrotremor. Respons data mikrotremor dalam penelitian ini digunakan sebagai dasar zonasi dan pemetaan aliran sungai bawah permukaan kawasan karst di Dersono, Pacitan. Respons data mikrotremor tersebut diolah menggunakan tiga metode yaitu Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR), Particle Motion, dan Time Frequency Analysis. Berdasarkan analisis nilai frekuensi dominan (f0), terdapat dua zona karakter yaitu zona I yang bernilai rendah dengan rentang nilai dibawah 15 Hz dan zona II yang bernilai tinggi dengan rentang nilai diatas 15 Hz, berdasarkan analisis particle motion pada lokasi I dan II menunjukkan karakter pola aliran sungai yang memiliki orientasi arah Timur Laut-Barat Daya, dan berdasarkan analisis Time Frequency Analysis (TFA) terdapat kontinuitas amplitudo di daerah yang dialiri sungai dengan nilai rentang frekuensi 4-5 Hz dan amplitudo 2000 dB – 20000 dB pada komponen Z (Vertikal). Hasil analisa dan referensi penelitian menunjukkan bahwa arah sungai bawah permukaan pada lokasi penelitian dikontrol oleh Sesar Klanden dan Sesar Barong yang berada di sebelah timur daerah penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karst, luweng, mikrotremor, sungai bawah permukaan.
Subjects: Q Science > QE Geology > QE471 Sedimentary rocks. Sedimentology
Q Science > QE Geology > QE601 Geology, Structural
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maulana Ibnu Umar Saif Abdullah
Date Deposited: 05 Aug 2021 22:15
Last Modified: 05 Aug 2021 22:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57575

Actions (login required)

View Item View Item