Analisa Performa Berbasis Eksperimen dan Kelayakan Ekonomis Bahan Bakar Biodiesel Biji Kemiri (Aleurites moluccana) pada Mesin Diesel Satu Silinder

Oemar, Kiagus Salvin (2018) Analisa Performa Berbasis Eksperimen dan Kelayakan Ekonomis Bahan Bakar Biodiesel Biji Kemiri (Aleurites moluccana) pada Mesin Diesel Satu Silinder. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000122-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211440000122-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan bahan bakar fosil yang semakin menipis mendorong penggunaan bahan bakar dari sumber daya alam terbarukan dan ramah lingkungan, yakni biodiesel. Persyaratannya harus cukup banyak tersedia sebagai bahan baku salah satunya adalah biji kemiri. Beberapa keunggulan biji kemiri sebagai biodiesel yakni : kandungan minyaknya tinggi, nilai FFA nya cukup rendah, proses pengolahannya mudah, karakteristiknya mirip CPO, dan ketersediaannya melimpah. Tujuan penelitian biodiesel biji kemriri ini adalah pengujian properties, performansi pada mesin diesel satu silinder, serta studi kelayakan ekonomisnya. Pengujian dilakukan pada mesin YANMAR TF85-MH dengan menggunakan bahan bakar biodiesel kemiri B15 dan B20 serta HSD dan biosolar sebagai pembanding. Hasil penelitian yang dilakukan, didapat properties (viskositas, densitas, nilai kalori, flash point, dan pour point), dimana biji kemiri sudah memenuhi standar biodiesel yang ditetapkan Standar Nasional Indonesia. Dari uji performa yang dilakukan menunujukkan penggunaan biodiesel B20 kemiri memiliki performa lebih baik dibanding biosolar, dapat dilihat dari konsumsi bahan bakar yang lebih rendah 8,3% dibandingkan HSD dan 11,3 dibandingkan biosolar, serta menghasilkan daya yang optimal dengan perbedaan 1,7% terhadap HSD dan 7,1% terhadap biosolar. Dengan melakukan penelitian terhadap biodiesel minyak biji kemiri ini diharapkan mampu sebagai salah satu solusi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang persediaannya kian menipis. Selain itu juga, bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jalan usaha untuk memproduksi biodiesel minyak biji kemiri yang diharapkan dapat bersaing dengan bahan bakar yang berlaku di pasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Minyak Biji Kemiri, Motor Diesel, properties,Uji Performansi, Studi Ekonomis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TP Chemical technology > TP248.3 Biochemical engineering. Bioprocess engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kiagus Salvin Oemar
Date Deposited: 22 Jul 2021 21:47
Last Modified: 22 Jul 2021 21:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57610

Actions (login required)

View Item View Item