Analisis Resiko Fatigue Mooring Lines pada Spread Mooring Line System FSO Federal II dengan Mempertimbangkan Beban Operasi

Aldi, Muhammad Auliya (2018) Analisis Resiko Fatigue Mooring Lines pada Spread Mooring Line System FSO Federal II dengan Mempertimbangkan Beban Operasi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311650012001-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311650012001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebanyakan struktur bangunan apung yang beroperasi di Indonesia saaat ini sudah melampaui umur operasinya salah satunya adalah FSO. Pada analisis kekuatan dari struktur bangunan apung yang secara dominan menerima beban siklis sangat diperlukan untuk memastikan integritas dari struktur bangunan apung dan untuk penilaian kemungkinan kerusakan akibat fatigue (kelelahan). Tesis ini bertujuan untuk memberikan tinjauan secara komprehensif terhadap sisa umur dan resiko akibat beban kelelahan pada mooring line FSO Federal II dengan mempertimbangkan beban operasi yang terjadi. Dalam analisis kelelahan menggunakan pendekatan combined spectrum. Beban lingkungan dalam analisis ini menggunakan pendekatan analisis time domain. Analisis resiko dalam analisis ini menggunakan metoda analisis semikuantitatif. Probabilitas terjadinya kegagalan (pof) bersifat kuantitatif dimana dalam analisis digunakan metoda simulasi Monte Carlo. Konsekuensi terjadinya kegagalan didapatkan dari uji kelayakan dan kualifikasi mooring integrity management dari OTC (Offshore Technology Conference) dan OGP (Oil and Gas Procedure).
Damage yang terjadi akibat beban operasi terakumulasi sebesar 0.00627 sehingga umur dari mooring line FSO Federal II menjadi 53 tahun dengan faktor keamanan 3 dan 15 tahun dengan faktor keamanan 10. Peluang kegagalan terbesar dari beban fatigue pada mooring line sebesar ±4.5 x 10-3 atau termasuk dalam tingkat 4 dalam matriks resiko DNV RP G101. Berdasarkan laporan OTC 25134 dan OGP 2010 tentang mooring line sedunia, ditetapkan bahwa level konsekuensi kegagalan berada pada level minor-major. Tingat resiko untuk mooring line FSO Federal II masuk dalam level ALARP dalam segi keamanan dan lingkungan dan level high risk bisnis.
====================================================================================================
Most of floating structures operated in Indonesia have exceeded their operating days, for the example is FSO. On the strength analysis of floating building structures that predominantly accept cyclical loads is necessary to ensure the integrity of floating building structures and for the assessment of the possible damage due to fatigue (fatigue). This study aims to provide a comprehensive review of the remaining age and risk due to fatigue load on the Federal II FSO mooring line by considering the operating loads. Fatigue analysis using combined spectrum approach. Environmental load parameters using time domain analysis approach. Risk analysis using semiquantitative analysis method. Probability of Failure (pof) obtained by using Monte carlo simulation method. Consequence of failure obtained from feasibility test and qualification of mooring integrity management from OTC (Offshore Technology Conference) and OGP (Oil and Gas Procedure).
Damage caused by the accumulated operating load is 0.00627 and fatigue life of the FSO Federal II mooring line is 53 years with the safety factor 3 and 15 years with the safety factor 10. The greatest failure chance of fatigue load on the mooring line is ± ±4.5 x 10-3 and included in level 4 risk matrix DNV RP G101. From the OTC 25134 and OGP 2010 report on the worldwide mooring line, stipulates that the level of consequence of failure is at a minor-major level. The risk level of mooring line FSO Federal II included in the ALARP level in term of safety and environtment and high risk level in term of business.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Beban Operasi, Mooring line, FSO, Fatigue, Montecarlo, Resiko
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA460 Metals--Fatigue.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Muhammad Auliya Aldi
Date Deposited: 22 Jul 2021 22:37
Last Modified: 22 Apr 2024 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57638

Actions (login required)

View Item View Item