Pengaruh Komposisi Zn, NH4HCO3, serta Rekayasa Permukaan dengan PLLA terhadap Sifat Mekanik dan Laju Degradasi pada Porous Magnesium Alloy untuk Aplikasi Degradable Biomaterials

Suprihartini, Januar Nur Rohmah (2018) Pengaruh Komposisi Zn, NH4HCO3, serta Rekayasa Permukaan dengan PLLA terhadap Sifat Mekanik dan Laju Degradasi pada Porous Magnesium Alloy untuk Aplikasi Degradable Biomaterials. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img] Text
02511550012001-Master_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Magnesium (Mg) memiliki sifat biodegradable dan tidak memberikan dampak negatif dalam tubuh. Namun, memiliki laju degradasi yang cepat. Untuk menurunkan degradasi, Seng (Zn) adalah unsur yang sesuai. Saat ini metode yang dikembangkan untuk membuat MgZn adalah metalurgi serbuk dengan space holder amonium hidrogen karbonat (NH4HCO3) dan pelapisan polimer untuk menghambat laju degradasi paduan Mg. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kadar Zn, NH4HCO3, dan Poly-L Lactic Acid (PLLA) terhadap sifat mekanik dan laju degradasi MgZn berporous. Analisa MgZn berporous dilakukan dengan XRD, SEM-EDX, uji porositas, kuat tekan, perendaman, dan potensiostat. Untuk sampel paduan MgZn berporous yang memiliki sifat mekanik dan laju degradasi dengan nilai optimum, yang telah dilapisi dengan PLLA dilakukan analisa yang sama dengan paduan MgZn berporous. Hasil analisa kimia dan perhitungan porositas menunjukkan paduan MgZn berporous terdapat fasa α-Mg dan MgZn, serta 35-70% porositas. Hasil porositas ini didukung dengan SEM yang menunjukkan bertambahnya NH4HCO3 maka semakin besar porous yang terbentuk. Hasil EDX menunjukkan persebaran Zn paduan Mg merata pada setiap sampel. Kekuatan tekan menunjukkan bahwa kekuatan tekan dari paduan MgZn berporous adalah 22-46 MPa. Laju degradasi dianalisa menggunakan pengujian perendaman yang menunjukkan nilai 2.8-3.86 cm/tahun. Uji potensiostat juga menunjukkan nilai 1.35-103.1 mm/tahun pada rentang potensial korosi -1.6V sampai -570mV. Semakin banyaknya Zn yang ditambahkan maka kekuatan tekan akan semakin meningkat, laju degradasi menurun. Namun, penambahan NH4HCO3 menurunkan kekuatan tekan dan menaikkan laju degradasi paduan MgZn berporus. Dari pengujian yang dilakukan, Mg3Zn35SH memiliki sifat mekanik dan laju degradasi yang optimum. Selanjutnya, Mg3Zn35SH dilapisi PLLA menggunakan dip coating. Pada analisa kekuatan tekan dan laju degradasi didapat bahwa semakin banyak PLLA yang dilapiskan maka akan menaikkan nilai kekuatan tekan dan menurunkan laju degradasi. Sehingga semakin tebal PLLA yang dilapisi pada paduan MgZn berporous maka akan semakin efektif untuk melindungi MgZn. Oleh karena itu, dengan melihat kekuatan tekan dan laju degradasi paduan Mg3Zn35SH berporous maka kriteria yang sesuai sebagai material biodegradable adalah Mg3Zn35SH5C. Kata Kunci: biodegradable, dip coating, magnesium, PLLA, space holder.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT Sup p
Uncontrolled Keywords: biodegradable, dip coating, magnesium, PLLA, space holder.
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD130 Artificial organs; Prosthesis
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA491 Metal coating.
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN693.M3 Magnesium
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Januar Nur Rohmah Suprihartini
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:36
Last Modified: 22 Feb 2019 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57806

Actions (login required)

View Item View Item