Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 1 Gedangan dengan Metode Servqual, Kano Model, dan QFD

Siswanto, Slamet (2018) Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 1 Gedangan dengan Metode Servqual, Kano Model, dan QFD. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211450013004-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211450013004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengaruh perpustakaan sekolah sangat tinggi terhadap mutu pendidikan dalam sekolah, yang mana tingkat minat baca dengan fasilitas yang memadai dapat mempengaruhi prestasi akademik peserta didik. Fungsi dari perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai tempat penyimpanan bahan pustaka (buku dan non buku) namun juga perlu dimaksimalkan bagaimana upaya yang dilakukan agar fasilitas yang ada di dalam perpustakaan dapat dimaksimalkan oleh penggunanya. Untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan maka diperlukan manajemen perpustakaan yang memadai untuk mendukung kegiatan tersebut.
Metode yang digunakan untuk mengetahui fasilitas dan layanan perpustakaan yang memberikan kepuasan kepada siswa/i adalah dengan melakukan integrasi metode Servqual, Kano Model, dan QFD. Penggabungan ketiga metode ini, diharapkan dapat mengisi kekurangan metode satu dengan metode lainnya. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode Servqual dari 24 atribut layanan yang dikelompokkan ke dalam 5 dimensi atribut layanan menunjukkan semua atribut layanan menghasilkan Gap yang bernilai negatif. Sedangkan untuk analisa dengan menggunakan metode Kano Model didapatkan 21 atribut layanan yang termasuk ke dalam kategori penting dengan rincian 10 atribut layanan termasuk kategori Attractive, 6 atribut layanan termasuk kategori One Dimensional, dan 5 atribut layanan termasuk kategori Must Be. Sedangkan proses integrasi metode Servqual dan Kano Model ke dalam metode House of Quality (HOQ) menghasilkan 13 atribut Technical Requirement untuk memberikan prioritas perbaikan pada layanan perpustakaan.
==========================================================
The influence of school libraries is very high on the quality of education in schools, which the level of reading interest with adequate facilities can affect the academic achievement of students. The function of the school library is not only as a storage place for library materials (books and non books) but also needs to be maximized how efforts are made so that facilities in the library can be maximized by the students. To maximize the function of the library requires adequate library management to support these activities.
The method used to know the library facilities and services that provide satisfaction to the students is to integrate the method Servqual, Kano Model, and QFD. Merging these three methods, is expected to fill the lack of one method with other methods. From the results of the study using Servqual method of 24 service attributes grouped into 5 service attribute dimensions shows all service attributes generate negative value of Gap score. While for the analysis by using Kano Model method, 21 service attributes are included in the important category with 10 service attributes in the category Attractive, 6 service attributes in the category One Dimensional, and 5 service attributes in the category Must Be. While the process of integration of Servqual and Kano Model methods into the House of Quality (HOQ) method resulted in 13 Technical Requirement attributes to provide improved priority for library services.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, servqual, Kano Model, QFD, Perbaikan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Slamet Siswanto
Date Deposited: 19 Jun 2021 11:58
Last Modified: 19 Jun 2021 11:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57887

Actions (login required)

View Item View Item