Analisa Performa, Pembakaran Dan Emisi Dari Gasoline Compression Ignition (GCI) Engine Berbahan Bakar Campuran Dari Pertamax Dan Dexlite

Dastioaji, Pravensa (2018) Analisa Performa, Pembakaran Dan Emisi Dari Gasoline Compression Ignition (GCI) Engine Berbahan Bakar Campuran Dari Pertamax Dan Dexlite. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000077-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211440000077-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Percobaan tentang analisa terhadap gasoline compressed ignition (GCI) engine dilakukan secara eksperimen dengan menggunakan bahan bakar dari campuran Pertamax sebanyak 5% dan 10 % serta Dexlite. Eksperimen dilakukan pada mesin diesel, naturally aspirated, 2 valves SOHC, 493 cc. Hasil dari eksperimen menunjukan bahwa ada kenaikan serta penurunan dari performa pada tiap putaran mesin. Pada analisa pembakaran, dengan semakin tinggi nilai kandungan dari pertamax maka dapat meningkatkan nilai combustion pressure pada ruang bakar serta dapat menambah ignition delay dan dapat meningkatkan nilai dari peak of heat release yang dihasilkan dari bahan bakar ini. Emisi dari NOx dapat berkurang dengan semakin banyak campuran Pertamax ditambah dengan pengunaan Intake air heater pada suhu 65oC, namun emisi CO dan HC terus bertamabah akibat adanya bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: GCI, intake air heater, performa, Analisa Pembakaran, Emisi, NOx, CO, HC
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pravensa Dastioaji
Date Deposited: 22 Jul 2021 22:45
Last Modified: 22 Jul 2021 22:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57906

Actions (login required)

View Item View Item