Studi Eksperimen Pengaruh Variabel Tekanan Injeksi Terhadap Performa Mesin Satu Silinder Dengan Menggunakan Biodiesel Kemiri

Tobing, Muhammad Dolimora Martadho L. (2018) Studi Eksperimen Pengaruh Variabel Tekanan Injeksi Terhadap Performa Mesin Satu Silinder Dengan Menggunakan Biodiesel Kemiri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211340000069-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211340000069-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan performa pada diesel engine masih tetap berlanjut hingga sekarang. Salah satu metode pengembangan adalah dengan memodifikasi tekanan injeksi bahan bakar. Penelitian ini memvariasikan tekanan injektor dari 150, 200 dan 250 bar pada single silinder diesel engine. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Cara yang dapat digunakan untuk merubah tekanan injektor adalah dengan mengganti adjusting shim pada injektor. Pada penelitian ini difokuskan untuk mengetahui dampak tekanan injeksi pada performa motor diesel dengan menggunakan bahan bakar HSD Pertamina dan Biodiesel kemiri (B20). Pengujian menggunakan motor diesel Yanmar TF85 menggunakan dua jenis bahan bakar (HSD Pertamina dan Biodiesel kemiri (B20)), dan tiga tekanan injeksi (150 Bar, 200 Bar, dan 250 Bar). Hasil uji performa dapat disimpulkan tekanan injeksi semakin besar maka daya yang didapat juga semakin besar. Penggunaan bahan bakar Biodiesel Kemiri (B20) memiliki hasil performa yang lebih baik dibanding penggunaan bahan bakar HSD Pertamina pada tiap tekanan injeksi. Selain itu nilai SFOC yang didapatkan menggunakan bahan bakar biodiesel kemiri (B20) lebih baik dibanding menggunakan bahan bakar HSD Pertamina pada tekanan 200 bar.
====================================================================================================
Performance improvements in the diesel engine still continue today. One method of development is to modify the fuel injection pressure. This study varied the injector pressure from 150, 200 and 250 bar on a single cylinder diesel engine. The method used in this study is the experimental method. The method that can be used to change the injector pressure is to replace adjusting shim on the injector. In this study focused on knowing the impact of injection pressure on diesel motor performance using Pertamina's HSD fuel and Candlenut Biodiesel (B20). Tests using Yanmar TF85 diesel motor used two types of fuel (Pertamina HSD and Candlenut Biodiesel (B20)), and three injection pressures (150 Bar, 200 Bar, and 250 Bar). The results of the performance test can be concluded that the injection pressure is greater, the greater the power obtained. The use of Candlenut Biodiesel (B20) has better performance results compared to the use of Pertamina's HSD fuel at each injection pressure. Besides that the SFOC value obtained using Candlenut biodiesel (B20) is better than using Pertamina's HSD fuel at 200 bar pressure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Minyak Kemiri, Motor Diesel, Tekanan Injeksi, Performa
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Dolimora M. L. Tobing
Date Deposited: 22 Jul 2021 23:07
Last Modified: 22 Jul 2021 23:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57974

Actions (login required)

View Item View Item