Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Debit Aliran Air dan Beban Pendinginan Pada Sistem Water Chiller

Maulana, Ari (2018) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Debit Aliran Air dan Beban Pendinginan Pada Sistem Water Chiller. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111545000007-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02111545000007-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum Chiller digunakaan untuk pengkondisian udara seperti pada gedung-gedung perkantoran dan mall-mall yang memliki beban kalor yang relative besar. Chiller adalah salah satu mesin refrigerasi yang berfungsi untuk mendinginkan air pada sisi evaporatornya. Sistem water chiller terdiri dari dua siklus yaitu siklus primer dan siklus sekunder. Pada siklus primer yang bertindak sebagai fluida kerja adalah refrigerant dan pada siklus sekunder yang bertindak sebagai fluida kerja adalah air. Air pada umumnya disirkulasikan ke mesin penukar kalor dengan pompa yang dapat diatur laju alirannya . Laju aliran air yang bersirkulasi dapat mempengaruhi proses penyerapan kalor pada bagian evaporator.
Pada penelitian kali ini, penulis melakukan eksperimen menggunakan water chiller, yang terdiri dari satu set outdoor unit AC split dan evaporator yang sudah dimodifkasi berbentuk spiral yang diletakan pada bak berisi air. Untuk beban pendiginan menggunakan alat pemanas yang juga diletakan pada bak berisi air yang disirkulasikan menggunakan pompa menuju bak evaporator. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan debit aliran air yang bersirkulasi dari bak pemanas menuju bak pendinginan yang berisi evaporator untuk mengetahui pengaruh pada unjuk kerja sistem water chiller. Variabel yang divariasikan pada adalah debit aliran air sebesar 10 lpm, 8 lpm, dan 6 lpm dan beban pendinginan pada 40oC, 350C, dan 300C selama satu jam dengan interval pengambilan data tiap 5 menit.
Hasil dari penelitian menunjukan pada variasi beban pendinginan , nilai COP tertingi terjadi pada beban pendinginan low sebesar 3,806 pada debit aliran air 10 lpm. Kapasitas evaporator tertinggi terjadi pada beban pendinginan high sebesar 5,551 kW dengan debit aliran air 10 lpm. Penambahan beban pendingan berepngaruh pada semakin besarnya kerja kompressor yang dibutuhkan Perubahan debit aliran air menimbulkan pengaruh pada semakin besarnya kapasitas pada evaporator , dan berkurangnya kerja kompressor.
=========================================================================================================
In general chiller is used for air conditioning such as office building , Malls, which have high cooling load realitively. Chiller is one of refrigeration system which is used for decreasing the temprature of water on the side of evaporator. Water chiller system consist of two cycles that is premier and secondary. In the premier cycle the refrigeran is used as working fluid , meanwhile in secondary cycle the water is. Water commonly is circulated to heat excahnger by water pump which the water flowrate can be controlled
In this study, the experiment will be using water chiller, which is consist of one unit outdoor AC split and modified helical-shaped evaporator placed in water tub. The cooling load usess heater placed at water tube which is sirculated by pump to evaporator tub. The experiment is done by variating water flow rate which is sirculated from heating tub to cooling tub that cointain of evaporator. The variabel variation is water flow rate at 10 lpm, 8lpm, and 6 lp, and the cooling load at 400C, 350C, and 300C for an hour each variation with interval record each 5 minutes
The results of the research showed that in cooling load variation, the highest COP value occured at low cooling load of 3,806 at 10 lpm water flow rate. The highest evaporaotr capacity occurs at high cooling load of 5,551 Kw with 10 lpm water flow rate. The addition of a cooling load affects the increasing amount of compressor works. Changes in flow rate have an effect of the larger evaporator capacity and the decrease of compressor work.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.564 Mau s-1 3100018077683
Uncontrolled Keywords: chiller, water flow rate, cooling load, coeffiecient of performance
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263 Heat exchangers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ari Maulana
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:26
Last Modified: 28 Dec 2020 05:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57984

Actions (login required)

View Item View Item