SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPLEKS KOMPOSIT KITOSAN-ASAM FOSFOTUNGSTAT/ MONMORILONIT TERMODIFIKASI SILAN UNTUK APLIKASI DMFC

PERMANA, DIAN (2016) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPLEKS KOMPOSIT KITOSAN-ASAM FOSFOTUNGSTAT/ MONMORILONIT TERMODIFIKASI SILAN UNTUK APLIKASI DMFC. In: Tugas Akhir.

[img]
Preview
Text
1413201036-Paper.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1413201036-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembuatan membran kompleks komposit telah dilakukan menggunakan kitosan sebagai matriks polimer, asam fosfotungstat sebagai agen pengompleks, monmorilonit sebagai filler anorganik dan silan sebagai agen pengkompling telah berhasil dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besar konduktivitas proton, permeabilitas metanol, dan water uptake membran kompleks - komposit kitosan/asam fosfotungstat – monmorilonit termodifikasi silan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yakni ekstraksi kitosan, modifikasi monmorilonit, sintesis membran, dan karakterisasi membran yang terdiri atas water uptake, FTIR, Solidstate 13C CP-MAS NMR, konduktivitas proton, dan permeabilitas metanol. Hasil analisa FTIR menunjukkan bahwa pengikatan silan pada permukaan monmorilonit ditandai dengan munculnya puncak baru pada daerah 2796,59 ; 1467,73 ; dan 1390,58 cm-1. Analisa FTIR dan Solid-state 13C CP-MAS NMR membran kompleks komposit juga memperlihatkan puncak yang menandakan bahwa sintesis membran telah berhasil dilakukan. Nilai water dan methanol uptake menurun seiring setelah pengikatan silan pada permukaan monmorilonit. Hal ini mengindikasikan peningkatan bagian hidrofobik pada membran. Namun, konduktivitas proton meningkat seiring meningkatnya suhu dan permeabilitas metanol menurun seiring meningkatnya konsentrasi silan. Membran CS/PWAMMT/ Sil 10% memperlihatkan performa terbaik dengan konduktivitas proton 2,87.10-2 S.cm-1 pada suhu 95 °C dan permeabilitas metanol 4,33.10-7 cm2.s-1. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa membran CS/PWA – MMT/Sil 10 % memiliki morfologi antarmuka dan kompatibilitas terbaik antara matriks kitosan dan partikel monmorilonit termodifikasi silan jenis (GPTMS).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: RTKi 573.774 Per s
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Chemistry > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 May 2016 17:20
Last Modified: 27 Dec 2018 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item