Fuad, Mohammad Nuril (2018) STUDI NUMERIK GROUND EFFECT TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI AIRFOIL NACA 4412 UNTUK RE = 3 x 105. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02111645000044_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Ground effect mengakibatkan perubahan aliaran disikitar airfoil. Umumnya terjadi peningkatan nilai gaya angkat (lift) pada airfoil sehingga efisiensi aerodinamik yang ditunjukkan oleh lift-to-drag ratio (L/D) membesar. Hal ini menguntungkan saat diterapkan pada pesawat terbang. Untuk geometri airfoil yang sama L/D akan bernilai besar, menujukkan payload yang mampu dibawa lebih besar dan bahan bakar yang dikonsumsi berkurang. Selain itu ground effect memaksa vortex pada wingtip parallel dengan ground, berdampak mengurangi nilai downwash sehingga menurunkan nilai total wing drag.
Studi numerik dilakukan secara steady dengan geometri dua dan tiga dimensi menggunakan software komersil Gambit 2.4.6, Ansys 15.0, dan Tecplot 360 EX. Model airfoil yang digunakan adalah NACA 4412, dengan panjang chord sebesar 1 m dan span sebesar 3 m. Properties fluida yang digunakan pada keadaan standar ρ = 1.225 kg/m3, μ = 1.789 x 10-5 N.s/m2 dengan Re = 3 x 105, angle of attack α = 0o, 4o, 8o, 12o dan rasio ground proximity h/c = 0.1, 0.2, 0.4, 0.6, 1.
Hasil yang diperoleh berupa data kontur tekanan, kontur kecepatan, kontur modified tubulance viscosity, pathline kecepatan, plot koefisien tekan (Cp), nilai koefisien lift (CL), dan nilai koefisien drag (CD), masing-masing ground proximity h/c dan sudut α. Pada h/c = 0.1 untuk α = 0° terjadi tekanan hisap yang kuat pada lower surface airfoil. Hal ini disebabkan terbentuknya area convergent-divergent antara airfoil dengan ground, dimana bagian terdekat antara airfoil dengan ground membentuk vena contracta yang berdampak terhadap penurunan koefisien lift (CL) secara signifikan.Untuk α = 4°, 8°, dan 12° pengaruh ground effect mengakibatkan kenaikan tekanan pada lower surface airfoil, dimana struktur streamline meregang, sehingga meningkatkan nilai koefisien lift (CL). Nilai L/D terbesar dipereroleh untuk sudut α = 4° saat ground proximity (h/c=0.1) dimana kenaikan L/D dibanding tanpa ground effect sebesar 24.87%. Sedangkan nilai L/D terkecil dipereroleh pada h/c=0.1 untuk sudut α = 0° dimana terjadi penurna peforma sebesar 45.51%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NACA 4412, Ground Effect, Wing-tip Vorticies |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fuad Mohammad Nuril |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 23:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 23:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/58034 |
Actions (login required)
View Item |