Muttaqin, Muhammad Zainal (2018) Perancangan Geometri Jalan Rel Kamal-Pelabuhan Tanjung Bulupandan Di Madura. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114100146-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (9MB) | Preview |
Abstract
Di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Bangkalan tahun 2009-2019 terdapat rencana pengembangan strategis jalur kereta api terutama untuk melayani angkutan massal regional maupun nasional baik penumpang maupun barang bagi wilayah industri terutama pelabuhan serta melayani terminal penumpang laut. Sedangkan Kabupaten Bangkalan memiliki rencana pengembangan prasarana transportasi laut yaitu proyek pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Bulupandan di Kecamatan Klampis sebagai pelabuhan peti kemas internasional, serta pengembangan zona industri di kawasan pelabuhan peti kemas. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam pembangunan jaringan jalan rel Kabupaten Bangkalan antara lain dari aspek transportasi ialah berkurangnya konstruksi jalan raya dan pemakaian energi dalam jumlah yang besar dengan adanya perpindahan angkutan massal dari jalan raya ke jalan rel.
Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan adalah mengumpulkan data sekunder, menentukan rute terbaik beberapa alternatif rute menggunakan multi criteria analysis, membuat gambar geometrik dari rute yang terpilih dan membuat rencana anggaran biaya (RAB). Hasil dari tugas akhir ini adalah rencana trase Kamal-Pelabuhan Tanjung Bulupandan. Jalur kereta api didesain menggunakan jenis rel R54 dengan lebar sepur 1067 mm, kecepatan maksimum 120 km/jam, jenis penambat pandrol elastik tunggal, Panjang trase yang dirancang sepanjang 37,1 km menggunakan bantalan beton dengan jarak 60 cm. Dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 785.448.669.000 ==========================================================================================================
In the Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bangkalan 2009-2019 there is a strategic plan for the development of railways, especially to serve regional and national mass transport both passengers and goods for industrial areas, especially the port and serve the sea passenger terminal. While Bangkalan Regency has sea transportation infrastructure development plan that is construction of Tanjung Bulupandan Container Port in Klampis Sub-district as international container port, and development of industrial zone in container harbor area. The objectives to be achieved in the construction of railway network of Bangkalan Regency, among others, from the transportation aspect is the reduction of highway construction and the use of energy in large numbers with the movement of mass transit from the highway to the rail road. The methods used in solving the problem are collecting secondary data, determining the best route of multiple route alternatives using multi criteria analysis, creating geometric images of selected routes and creating cost budget plans. The result of this final project is Kamal-Port of Tanjung Bulupandan. The railway line is designed using R54 rail type with 1067 mm rail gauge, maximum speed of 120 km / h, single elastic pandrol type, 37,1 km long trace length using concrete sleeper with 60 cm distance. And budget plan cost is Rp. 785,448,669,000
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.1 Mut p-1 3100018077191 |
Uncontrolled Keywords: | Geometri Jalan Rel, Konstruksi Jalan Rel, Rencana Anggaran Biaya, Kamal-Pelabuhan Tanjung Bulupandan, Railway Geometric, Railway Construction, Budget Plan |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muttaqin Muhammad Zainal |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 02:18 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 05:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/58042 |
Actions (login required)
View Item |