Rancang Bangun Sistem Pengumpul Ikan Dengan Menggunakan Lampu LED Sebagai Sumber Cahaya Pada Kapal Purse Seine

Mustono, Eddy (2018) Rancang Bangun Sistem Pengumpul Ikan Dengan Menggunakan Lampu LED Sebagai Sumber Cahaya Pada Kapal Purse Seine. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4216201004-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4216201004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kapal penangkap ikan dengan jenis alat tangkap purse seine dalam kegiatan operasi penangkapan sangat membutuhkan penerangan, selain penunjang kegiatan di atas kapal juga digunakan sebagai pengumpul/penarik perhatian ikan agar jenis ikan pelagis yang menjadi komoditi utamanya dapat tertarik dan berkumpul pada cahaya yang dihasilkan pada kapal tersebut. Di wilayah Kota Tegal lampu pada kapal ikan jenis ini pada umumnya menggunakan jenis lampu Merkuri yang tiap unitnya mempunyai daya yang cukup besar, juga kurang fokusnya cahaya yang dihasilkan dari lampu yang ada, dengan ini dilakukan rancang bangun dan pengujian efektifitas pada lampu LED dengan lampu yang sudah ada di kapal, sehingga hasil yang diperoleh nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kapal penangkap dengan alat tangkap purse seine, khususnya pada lampu penarik perhatian ikan. Dengan ini efektifitas baik secara teknis maupun ekonomis penggunaan lampu LED mempunyai kelebihan jika dibandingan dengan jenis lampu yang lain yang digunakan pada kapal penangkap jenis purse seine pada umumnya.
Kata kunci: purse seine, pelagis, rancang bangun, lampu LED.
===========================================================================================================
Fishing vessels with the type of purse seine fishing gear in capture operations are in desperate need of lighting, in addition to supporting the activities on board are also used as collectors / fish attracters so that the type of pelagic fish that became the main commodity can be attracted and gathered to the light produced on the vessel . In the city of Tegal, lights on this type of fish ship generally use a type of Mercury lamps that each unit has a large enough power, also less focus of light generated from existing lights, with this design and build effectiveness testing on LED lamps with lights that already in the vessel, so that the results obtained later can be used as consideration in making a catching vessel with purse seine fishing gear, especially on fish attention lights. With this effectiveness both technically and economically the use of LED lights have advantages when compared with other types of lights that are used on purse seine fishing vessels in general.
Key words: purse seine, pelagic, design, LED lamp

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSP 623.820 2 Mus r-1 2018 3100018078442
Uncontrolled Keywords: purse seine, pelagis, rancang bangun, lampu LED
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Eddy Mustono
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:35
Last Modified: 28 Jan 2021 06:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58132

Actions (login required)

View Item View Item