Rancang Bangun Sistem Pengendalian Level Pada Hydrostatic Training System Plant Skala Laboratorium Menggunakan Aktuator Motor Operated Valve

Pambudi, Yuda (2018) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Level Pada Hydrostatic Training System Plant Skala Laboratorium Menggunakan Aktuator Motor Operated Valve. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10511500000026_YUDA PAMBUDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama.. Pada perancangan sistem pengendalian level ini, sensor yang digunakan untuk mengukur level adalah sensor Ultrasonic HC-SR04. Output dari sensor ultrasonic akan mengukur level yang ada dan akan memberikan respon ke ATmega1284P . Saat setpoint level tercapai sehingga MOV sebagai aktuator akan merespon. Dari data respon pengendalian yang didapat menunjukkan bahwa pengendalian telah berjalan sesuai dengan setpoint yang diinginkan. Selain itu berdasarkan pengujian alat pada sistem pengendalian level didapatkan respon time yang cukup baik untuk mencapai stedy state. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai set point (settling time) dari awal pengambilan data adalah ± 29 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIn Pam r
Uncontrolled Keywords: Bernoulli, hidrostatik, pengendalian level.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software > QA76.8 Microprocessor
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Yuda Pambudi
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:08
Last Modified: 24 Jan 2019 04:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58150

Actions (login required)

View Item View Item