Aktivitas Enzim Endoglukanase (EG) dan Lignin Peroksidase (LiP) dari Penicillium sp. Pada Media Pertumbuhan Bekatul dan Tongkol Jagung

Rahmasyitha, Arzulinda Maulidar (2018) Aktivitas Enzim Endoglukanase (EG) dan Lignin Peroksidase (LiP) dari Penicillium sp. Pada Media Pertumbuhan Bekatul dan Tongkol Jagung. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01311240000022-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
01311240000022-Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version

Download (651kB) | Preview

Abstract

Bekatul dan tongkol jagung memiliki kandungan lignin dan selulosa yang tersusun oleh unsur nitrogen dan karbon. Sehingga bekatul dan tongkol jagung dapat digunakan sebagai media pertumbuhan fungi. Beberapa spesies jamur menghasilkan enzim endoglukanase (EG) dan lignin peroksidase (LiP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas enzim endoglucanase (EG) dan lignin peroksidase (LiP) pada Penicillium sp. dengan media pertumbuhan bekatul dan tongkol jagung. Aktivitas enzim endoglukanase (EG) diukur menggunakan metode DNS, sedangkan aktivitas enzim lignin peroksidase (LiP) diukur dengan metode oksidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas enzim endoglukanase (EG) dan LiP pada Penicillium sp. yang tertinggi pada media bekatul adalah sebesar 0,135 U/ml dan 32,131 U/ml. Pada media tongkol jagung aktivitas enzim endoglukanase (EG) dan LiP tertinggi adalah sebesar 0,104 U/ml dan 26,695 U/ml===========================================================================Rice bran and corncob contains lignin and cellulose composed of nitrogen and carbon. So rice bran and corncob can be used as medium of fungi growth. Some fungal spesies can produce endoglucanase (EG) enzymes and lignin peroxidase enzyme. This study aims to determine the activity of cellulase enzyme and ligninase in Penicillium sp. with the growth media of bran and corn cob. Cellulase enzyme activity was measured using DNS method, while ligninase enzyme activity was measured by oxidation method. The results shows activity endoglucanase enzyme (EG) and lignin peroxidase of Penicillium sp. in rice bran medium was higher of 0.135 U / ml and 32,131 U / ml. Corncob media, activity endoglucanase (EG) enzyme and lignin peroxidase of Penicillium sp. was higher of 0,104 U/ml and 26,695 U/ml.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rice bran, lignin, cellulose , Pennicillium sp., corncob
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Faculty of Natural Science > Biology > 46201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arzulinda Maulidar Rahmasyitha
Date Deposited: 19 Jun 2021 11:42
Last Modified: 19 Jun 2021 11:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58385

Actions (login required)

View Item View Item