Penerapan Metode Abstraksi untuk Desain Kendali Ketinggian Terbang pada Pesawat LSU-05

Anam, Muhammad Afif Nasrul (2018) Penerapan Metode Abstraksi untuk Desain Kendali Ketinggian Terbang pada Pesawat LSU-05. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111440000046-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06111440000046-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

LAPAN Surveilance-05 (LSU-05) merupakan pesawat tanpa awak jenis fixed wing yang dikembangkan oleh LAPAN. Pesawat ini dapat difungsikan untuk pemantauan dan pemetaan wilayah yang jangkauannya sangat luas. Dalam menjalankan misi operasi, dibutuhkan kendali autopilot yang handal untuk mengendalikan ketinggian terbang pesawat, sehingga akan mempermudah dan dapat mendukung misi agar berjalan dengan baik serta untuk keselamatan pesawat. Dalam desain kendali yaitu dengan menerapkan metode abstraksi yang menggunakan software Pessoa. Desain kendali dengan abstraksi bertujuan untuk mendesain kendali agar perilaku sistem closed loop memenuhi keinginan atau spesifikasi yang berupa logika temporal sederhana. Dalam desain kendali digunakan parameter kuantisasi himpunan state sebesar 0,004, parameter kuantisasi input space sebesar 0,015, parameter kuantisasi waktu sebesar 0,1, parameter ketelitian sebesar 0,002, dan spesifikasi reach and stay. Hasil yang diperoleh dari simulasi penerapan kendali metode abstraksi yaitu respon ketinggian terbang pesawat LSU-05 memenuhi spesifikasi. ==================================================================================================
LAPAN Surveilance-05 (LSU-05) is a fixed wing type aircraft developed by LAPAN. This aircraft can be used for monitoring and mapping a very wide range of areas. In carrying out operational missions, it requires reliable control of autopilot to control flying altitudes, thus facilitating and able to support the mission to run well and for aircraft safety. In the design of the control, we apply the abstraction method using software Pessoa. The design of the control with abstraction aims to design the control such that the closed loop system behavior satisfies the specifications in the form of simple temporal logic. In the control design, the quantization parameter state set is 0,004, the quantization parameter input space is 0,015, the quantization time parameter is 0,1, the accuracy parameter is 0,002, and the specification reach and stay. The result obtained from the simulation of the application of abstraction control method is that the response of flight altitude of LSU-05 aircraft satisfies the specification.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LSU-05, Kendali Ketinggian, Abstraksi, Kontrol Synthesis, Pessoa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
U Military Science > UG1242 Drone aircraft--Control systems. (unmanned vehicle)
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Afif Nasrul Anam
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:37
Last Modified: 04 Aug 2021 23:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58547

Actions (login required)

View Item View Item