Pemodelan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Kondisi Sosial Ekonomi di Jawa Timur pada Tahun 2015 dengan Menggunakan Regresi Multivariat Komponen Utama

Syadifa, Malinda Vania (2018) Pemodelan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Kondisi Sosial Ekonomi di Jawa Timur pada Tahun 2015 dengan Menggunakan Regresi Multivariat Komponen Utama. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611500000037-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10611500000037-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk menentukan kesejahteraan suatu bangsa. Jika kualitas pendidikan semakin bagus, maka kualitas SDM juga semakin meningkat. Jawa Timur merupakan wilayah dengan kualitas pendidikan yang berada diatas standar Nasional. Hal itu ditunjukkan oleh angka partisipasi sekolah di Jawa Timur yang melebihi angka partisipasi sekolah Nasional. Akan tetapi, Jawa Timur masih mengalami disparitas dalam sisi kualitas pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penduduk yang berpendidikan tinggi di wilayah Kota sebesar 5% , sementara di Kabupaten yang ada di wilayah pantai utara dan semua di wilayah tapal kuda (termasuk Madura) memiliki persentase dibawah 2%. Melihat adanya permasalahan dalam tersebut maka, dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh dari indikator sosial ekonomi dan klasfikasi wilayah terhadap penduduk umur 7-18 tahun yang tidak sekolah, dan angka partisipasi sekolah dengan menggunakan metode analisis regresi multivariat. Hasil pengujian menunjukkan terdapat korelasi antar variabel prediktor, sehingga diatasi dengan menggunakan metode Principal Component Analysis. Estimasi parameter regresi multivariat menunjukkan respon persentase penduduk usia 7-18 tahun yang tidak sekolah dan angka partisipasi sekolah penduduk usia 7-18 tahun dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu angka harapan hidup, tingkat pengangguran terbuka, persentase penduduk miskin, PDRB per kapita dan indeks daya beli di Jawa Timur.
===================================================================================================
Education is an important thing to determine prosperity a nation. If education quality increases, then the quality of human resources increase too. Education quality of East Java province is above the national standard. This is indicated that school participate rate of East Java province exceeds national rate. However, there are disparities in the quality of education in East Java province. This condition is showed by highly education people is low, 5% in the city and 2% in district. This research want to know the effect of socioeconomic indicators to classification the population of 7-18 years who did not go to school, and the school participation rate using multivariate regression analysis method. The results of analysis show that there are correlation among socioeconomic indicators, so it is solved by using Principal Component Analysis method. Estimation of multivariate regression parameters showed that the percentage of 7-18 year olds who were not attending school and school participation rate of 7-18 years old was influenced by socioeconomics indicator such as life expectancy, unemployment rate, percentage of poor, GRDP per capita and index of purchasing power in East Java Province.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Regresi Multivariat, Indikator Sosial Ekonomi, Kualitas Pendidikan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Malinda Vania Syadifa
Date Deposited: 08 Aug 2021 08:41
Last Modified: 08 Aug 2021 08:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58683

Actions (login required)

View Item View Item