Pendekatan Model Fungsi Transfer Multi Input Untuk Analisis Hubungan Antara Iklim Dengan Kasus Demam Berdarah Dengue Di Surabaya

Hidayanti, Riski Nur (2018) Pendekatan Model Fungsi Transfer Multi Input Untuk Analisis Hubungan Antara Iklim Dengan Kasus Demam Berdarah Dengue Di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111440000052-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06111440000052-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Dinas Kesehatan Kota Surabaya menunjukkan bahwa jumlah penderita demam berdarah dengue selama dua tahun terakhir mengalami peningkatan yang disebabkan oleh faktor iklim, dikarenakan penyakit DBD cenderung lebih pesat kenaikannya dimusim penghujan. Penelitian ini menghasilkan model fungsi transfer multi input untuk menganalisa hubungan antara iklim dengan kasus demam berdarah dengue di Surabaya, dimana dengan variabel outputnya adalah kasus DBD dan variabel inputnya meliputi curah hujan, kelembaban, kecepatan angin, dan suhu. Hasil menunjukkan bahwa model terbaik untuk peramalan kasus demam berdarah dengue di Surabaya dengan input curah hujan, kelembaban, dan kecepatan angin adalah:

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Demam Berdarah Dengue, Iklim, Fungsi Transfer
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riski Nur Hidayanti
Date Deposited: 08 Aug 2021 08:51
Last Modified: 08 Aug 2021 08:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58713

Actions (login required)

View Item View Item