Analisis Teknis dan Ekonomis Pembangunan Galangan Bangunan Baru dan Reparasi Khusus Kapal Penunjang Migas (Offshore Support Vessel)

Ramadhan, Rizky (2018) Analisis Teknis dan Ekonomis Pembangunan Galangan Bangunan Baru dan Reparasi Khusus Kapal Penunjang Migas (Offshore Support Vessel). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100002-Undegraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4113100002-Undegraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Operasi migas lepas pantai merupakan kegiatan yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan harus dibantu oleh kapal-kapal dengan fungsi khusus yang disebut Offshore Support Vessel (OSV). Namun, hingga saat ini belum banyak galangan yang mampu membangun OSV. Hal ini dikarenakan galangan yang menangani pembangunan dan reparasi OSV memerlukan fasilitas khusus seperti fasilitas pembuatan tangki untuk membuat pneumatic tank dan tangki mud/brine yang digunakan dalam operasi suplai anjungan lepas pantai. Galangan yang dibangun juga harus memenuhi standar keselamatan industri migas yang tinggi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisis pembangunan galangan bangunan baru dan reparasi khusus OSV secara teknis dan ekonomis. Pertama, dilakukan analisis pasar OSV di indonesia untuk menentukan jumlah dan jenis OSV yang akan dibangun. Kedua, dilakukan pemilihan lokasi dan perencanaan tata letak beserta fasilitas galangan yang akan dibangun. Ketiga, dilakukan analisis ekonomis untuk mengestimasi kelayakan investasi pembangunan galangan khusus OSV. Pada galangan khusus OSV, dibangun fasilitas khusus pembuatan pneumatic tank dan mud/brine tank karena merupakan tangki khusus. Peralatan yang direncanakan seperti hydraulic press untuk pembentukan badan tangki, dan pengecatan menggunakan cat epoxy yang memiliki sifat chemical resistant. Pada galangan diberlakukan prosedur keselamatan yang sesuai dengan ISGOTT. Investasi yang dibutuhkan dalam pembangunan galangan bangunan baru dan reparasi khusus OSV adalah sebesar RP 318.859.718.430,-. Dengan pengembalian modal setelah tahun ke-5 dan IRR sebesar 21,88%.Kata Kunci: Bangunan baru, galangan, kelayakan investasi, OSV, reparasi.
=========================================================
An offshore operation is a very high risk activity that has to be assisted by specialized vessels like OSV. However, until this day, there aren’t many shipyard that can build OSV in indonesia. One of the reason is because OSV-specialized shipyard requires special facility such as tank manufacture facility to make pneumatic tanks and mud/brine tanks used in offshore supply operations. The shipyard has to meet the oil and gas safety standard as well. The purpose of this final project is to analize the development of shipyard specialized in offshore support vessel technical and economically. First, the market for OSV in indonesia is analized to determine the market share and the type of OSV built in the shipyard. Second, the location of the shipyard is determined, and the facility of the shipyard as well as the layout are planned. Finally, the feasibility of the investment is calculated on economical analysis. In the OSV-specialized yard, a facility specifically in manufacturing pneumatic and mud/brine tank is built. Hydraulic press is used to form the shell of the tank, and a chemical resistant epoxy painting is used for the coating. Safety procedure that meets ISGOTT is enacted in the yard. The investment required for the development is Rp 318.859.718.430,- with the payback period on the 5th year and IRR at 21,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 338.476 238 3 Ram a
Uncontrolled Keywords: Bangunan baru, galangan, kelayakan investasi, OSV, reparasi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM 464 Towboats. Tugboats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhan Rizky
Date Deposited: 13 Nov 2020 11:45
Last Modified: 18 Jan 2021 04:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59063

Actions (login required)

View Item View Item